Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ongkos Bikin iPhone 6S Ternyata Cuma Rp 3 Juta

Ongkos produksi itu sedikit lebih mahal dari iPhone 6. Perangkat seri sebelumnya ini diprediksi mempunyai ongkos produksi sekitar 227 dollar AS.

Ongkos Bikin iPhone 6S Ternyata Cuma Rp 3 Juta
The Verge
Bagian depan iPhone 6S 

TRIBUNNEWS.COM – Pekan lalu, Apple resmi merilis iPhone 6S dan 6S Plus. Tidak terlalu berubah dari sebelumnya, duo smartphone terbaru tersebut dibanderol dengan harga yang terbilang cukup mahal.

Versi termurah dari iPhone 6S dibanderol 649 dollar AS atau sekitar Rp 9,2 juta. Sementara itu, iPhone 6S Plus bakal dilepas dengan harga mulai dari 749 dollar AS atau sekitar RP 10,7 juta.

Pertanyaannya, apakah ongkos produksi dari iPhone 6S mendekati harga jual tersebut? Analis dari Bank of America Merrill Lynch memberikan sedikit prediksinya perihal harga produksi tersebut.

Menurut analis tersebut, sebagaimana dirangkum dari Beta News, Senin (14/9/2015), ongkos produksi iPhone 6S versi 64 GB diprediksi ada di harga sekitar 234 dollar AS (sekitar 3,3 juta).

Perangkat versi itu sendiri dibanderol di harga 749 dollar AS. Itu artinya, tanpa memperhitungkan biaya marketing, biaya perakitan, dan distribusi, Apple seharusnya mendapatkan keuntungan sekitar 515 dollar AS (sekitar 7,4 juta).

Biaya komponen terbesar datang dari bagian semikonduktor. Apple dikatakan harus merogoh setidaknya 127 dollar AS untuk bagian ini, termasuk 25 dollar AS untuk SoC A9 64-bit, 22 dollar AS untuk berbagai sensor (NFC, pemindai jari, dan lain-lain), dan 20 dollar AS untuk flash memory 64 GB.

Apple dikatakan harus membayar mahal untuk bagian layar, yaitu sekitar 50 dollar AS. Komponen lainnya, termasuk untuk kamera dan baterai diprediksi sekitar 23 dollar AS.

Ongkos produksi itu sedikit lebih mahal dari iPhone 6. Perangkat seri sebelumnya ini diprediksi mempunyai ongkos produksi sekitar 227 dollar AS.

Meskipun begitu, ini baru hanya sekadar prediksi dari analis saja. Untuk mengetahui harga sebenarnya dari ongkos produksi tersebut, perangkat tersebut harus dibongkar terlebih dahulu untuk mengetahui komponen sebenarnya.

Untuk itu, harus menunggu saat seri iPhone tersebut dirilis pada 25 September mendatang.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
Tags
iPhone
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas