Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Ponsel Jadi Pemicu Perubahan Gaya Belanja Orang Indonesia

Kepemilikan ponsel merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh pada perilaku belanja pada konsumen.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Ponsel Jadi Pemicu Perubahan Gaya Belanja Orang Indonesia
Warta Kota/Nur Ichsan
BUKALAPAK GANDENG INDOMARET - Konsumen membayar transaksi belanja online Bukalapak.com di salah satu gerai Indomaret di Jakarta, Minggu (18/10). Bukalapak.com sebagai situs marketplace terkemuka di Indonesia, menambah fitur pembayaran yang baru dengan menggandeng jaringan retail minimarket terkemuka di Indonesia, Indomaret, untuk melayani transaksi pembayaran belanja di Bukalapak.com, yang telah memiliki lebih dari 11.500 gerai yang semuanya tersebar di Jawa, Bali, Madura dan Sumatera. Fitur pembayaran belanja dengan uang tunai di Indomaret ini sebagai solusi belanja online di Bukalapak.com bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank. Warta Kota/nur ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Executive Director, Consumer Insights, Nielsen Indonesia Anil Antony mengatakan kepemilikan ponsel merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh pada perilaku belanja pada konsumen.

"Meningkatnya kemakmuran, ketersediaan koneksitas dengan kecepatan tinggi dan penawaran-penawaran online yang semakin berkembang akan semakin memberikan pengaruh pada tahun-tahun ke depan," ujar dia.

Memasuki 2015, penelitian tersebut diamini kembali hasil riset Google bersama TNS Australia. Dalam riset itu terungkap, 50 persen pemilik smartphone di Indonesia menjadikan peranti tersebut sebagai peralatan telekomunikasi utama.

Riset ini juga memaparkan situs paling laris dibuka di Indonesia adalah aplikasi belanja online, hiburan, dan travel.

Tak heran, situasi itu memberikan peluang pada e-commerce yang terus tumbuh di Indonesia. Ini menjadi tantangan bagi peritel online dan pemilik jasa operator untuk memperluas basis konsumen mereka.

Salah satu situs belanja yang turut melihat peluang tersebut adalahBukalapak.com. Situs web ini mencoba merebut hati calon pembeli dan penjual ritel antara lain dengan memberikan jaminan 100 persen uang kembali, ketika barang yang diterima konsumen tak sesuai penawaranonline-nya.

Apakah Anda juga pembelanja online lewat ponsel?

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas