Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Awas Tertipu Kapasitas Flashdisk, Bisa Jadi Ukurannya Tak Selapang Itu

Pengguna Facebook bernama Tien En (Andrianto Gandhi) mengisahkan tentang pengalamannya menemukan fake size pada flash disk yang dibelinya.

Awas Tertipu Kapasitas Flashdisk, Bisa Jadi Ukurannya Tak Selapang Itu
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengguna Facebook bernama Tien En (Andrianto Gandhi) mengisahkan tentang pengalamannya menemukan fake size pada flash disk yang dibelinya.

Dalam statusnya, Tien En menulis sebagai berikut,

“Beberapa hari yg lalu saya tertarik dengan flashdisk dgn ukuran 64 GB (dengan harga kisaran sebanding harga flashdisk ukuran 4 GB!)... Meski saya duga FAKESIZE, tapi tetep penasaran, saya beli juga satu....”

Tien En kemudian menguji flash disk tersebut melalui beberapa cara. Ternyata, pada beberapa tahap awal pengujian, flash disk tersebut masih menunjukkan kapasitas normal, yaitu 64 gigabyte.

Namun, setelah menggunakan beberapa cara, Tien En menemukan,

“Ternyata ukuran sebenarnya hanya 832 MB saja (kurang dari 1GB)... meski dicek secara software umum, di format ulang (bahkan dengan software KHUSUS Low level format sekalipun), tetap ukurannya sekitar 62 GB!”

Tentu saja, muncul pertanyaan, selain tertipu dari sisi harga, apakah kondisi tersebut berbahaya bagi pengguna flash disk tersebut?

Menurut Tien En, bisa jadi komputer kita mengira kapasitasnya memang 64 GB sehingga saat kita menyimpan file, komputer menunjukkan file tersebut memang tersimpan.

Padahal, kondisi sebenarnya adalah saat jumlah file yang disimpan melebihi kapasitas, dalam hal ini melebihi 800 MB, maka flash disk tersebut secara otomatis melakukan overwrite.

Dengan kata lain, file lama kita akan rusak atau hilang diganti oleh file yang baru. Perlu diingatkan bahwa file yang hilang tersebut tidak akan pernah bisa dikembalikan atau diperbaiki.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas