Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Menteri Rudiantara Cari Cara agar Ponsel Buatan Global Cepat Masuk Indonesia

Rudiantara mengeluarkan wacana penghapusan uji sertifikasi telepon seluler, terutama untuk merek-merek global (global brand) pada Januari 2017

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Menteri Rudiantara Cari Cara agar Ponsel Buatan Global Cepat Masuk Indonesia
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berbicara pada acara syukuran sinergi XL Axiata dan Protelindo di Jakarta, Rabu (29/6/2016). PT XL Axiata Tbk bersama dengan Protelindo mengukuhkan kerjasama yang bertujuan untuk menyehatkan industri telekomunikasi Indonesia. Jalinan kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk transaksi pembelian 2.500 tower XL senilai Rp3,5 triliun oleh Protelindo. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ingin agar ponsel-ponsel keluaran terbaru bisa cepat beredar di pasar Indonesia.

Oleh karena itu, Rudiantara mengeluarkan wacana penghapusan uji sertifikasi telepon seluler, terutama untuk merek-merek global (global brand) pada Januari 2017 mendatang.

"Rencananya mulai Januari 2017, tidak perlu proses sertifikasi (untuk) brand global. Katakanlah brand besar iPhone, Samsung," ujar Rudiantara di sela acara Diklat Manajemen Perubahan di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/9/2016).

"Memang balai uji kita lebih canggih dari (balai uji milik) brand global?" imbuh Rudiantara.

Ia menilai, balai uji merek global jauh lebih mumpuni. Sehingga menurut dia, bila suatu barang lulus standarisasi internasional, dapat segera dirasakan oleh masyarakat atau diimpor ke Indonesia tanpa melalui birokrasi panjang.

Untuk melindungi konsumen, Kementerian Komunikasi dan Informatika nantinya akan melakukan kerja sama dengan Kementerian Perdagangan melakukan uji petik di pasar.

"Brand ini spesifikasinya memenuhi standar internasional, nanti kita lakukan pengecekan di pasar bersama Kementerian Perdagangan," kata Rudiantara.

BERITA REKOMENDASI

Menteri mengatakan, dengan penghapusan uji sertifikasi pada ponsel tersebut akan semakin memperlancar arus teknologi yang masuk sehingga masyarakat lebih diuntungkan.

Menurut dia, saat ini untuk sertifikasi dibutuhkan sekitar satu bulan sebelum ponsel tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

Hal ini merugikan, karena teknologi terkini yang ada di dalam ponsel tersebut, baik aplikasi, maupun fitur lainnya terlambat dimanfaatkan.

Padahal, dengan teknologi-teknologi yang baru tersebut diharapkan masyarakat dapat segera memanfaatkan sehingga semakin mendorong dan mendukung perkembangan perekonomian.

Dengan adanya penghapusan sertifikasi tersebut masyarakat akan lebih cepat dapat merasakan sentuhan teknologi terbaru yang lebih bermanfaat.

Bila dalam setahun sebuah merek global meluncurkan dua varian produk, maka waktu yang dihemat sekitar 16 persen.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas