Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Ekspor Langsung Dapat Hilangkan Disparitas Harga

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan ekspor langsung dari Maluku dan Indonesia Timur lainnya ke negara tujuan.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Ekspor Langsung Dapat Hilangkan Disparitas Harga
Harian Warta Kota/henry lopulalan
PERESMIAN TERMINAL PETI KEMAS - Suasana Terminal Peti Kemas Kalibaru Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta Utara yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (13/9). Dengan beroperasinya Terminal Peti Kemas 1 Kalibaru tersebut telah menambah kapasitas terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok menjadi sebesar tujuh juta TEUs per tahun dari yang semula hanya berkisar lima juta. WARTA KOTA/Henry Lopulalan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan ekspor langsung dari Maluku dan Indonesia Timur lainnya ke negara tujuan.

Kegiatan tersebut didukung ssetelah Pelindo IV dan Pemprov Maluku menjalin kerjasama atau menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk ekspor langsung atau direct export dari Pelabuhan Ambon.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan, ekspor langsung merupakan upaya membangun dan meningkatkan sinergi antara perseroan dan pemprov Maluku, khususnya untuk mendukung kelancaran distribusi logistik atau barang kebutuhan masyarakat.

Dengan ekspor langsung, kata Doso, maka barang tidak perlu lagi diangkut ke Surabaya atau Tanjung Priok Jakarta lalu dipindahkan ke kapal lainnya yang akhirnya tidak efisiensi biaya, dimana selama ini jika ‎ke Surabaya atau Tanjung Priok dua kali turun naik kapal dan akan kena biaya pemindahan.

"Tapi dengan ekspor langsung maka komoditi yang mau di ekspor bisa langsung sekali jalan ke negara akhir tujuan, sehingga keuntungan yang didapat pengrajin atau pengusaha meningkat," ujar Doso, Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Untuk melaksanakan program berjalan pemerintah juga tengah membangun rumah kita yang merupakan wadah atau tempat penampungan, pengepul barang-barang yang akan diangkut.

BERITA TERKAIT

Dengan adanya rumah kita maka stok barang yang akan diangkut selalu tersedia sehingga kapal akan ada muatannya dan jika berjalan baik akan menghilangkan disparitas harga barang antara wilayah Barat dengan wilayah Timur Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas