Mengejutkan, Ternyata Ini Jumlah Aplikasi yang ada di Smartphone Orang Indonesia
Aplikasi yang digunakan mayoritas berkategori Utility dan Tools karena sudah terinstal dari awal
Penulis: Eko Sutriyanto
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Laporan Pengunaan Konsumen yang di survei oleh App Annie menemukan fakta kuartal pertama 2017 menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan pengguna aplikasi seluler telah melonjak menjadi hampir 1,7 miliar jam.
Kenaikan ini sebagian besar merupakan dampak dari meledaknya angka dasar jumlah pengguna global.
Meskipun setiap sistem operasi memiliki aplikasi yang trending untuk tiap kategori, namun tidak ada kategori aplikasi yang benar-benar mencakup semua.
Dengan rata-rata 30 aplikasi yang digunakan per bulan, semua orang sekarang mengelola kehidupan dengan aplikasi.
Penggunaan aplikasi telah menjadi kebiasaan sehari-hari; rata-rata 10 aplikasi digunakan setiap hari.
"Namun rata-rata hanya 25 persen sampai 50 persen aplikasi yang diunduh digunakan secara rutin setiap bulan," kata Danielle Levitas, SVP Research and Marcom App Annie dalam keterangan pers, Sabtu (12/5/2017).
Penduduk Indonesia menggunakan rata-rata 40 aplikasi per bulan, dan sekitar 78 aplikasi diunduh ke ponsel mereka.
Jumlah ini menjadikan penggunaan rata-rata harian menjadi 11 aplikasi per hari - sedikit lebih tinggi dari rata-rata global.
Aplikasi yang digunakan mayoritas berkategori Utility dan Tools karena sudah terinstal dari awal lalu aplikasi Jejaring Sosial, Komunikasi dan Sosial .
Pengguna Android memiliki lebih dari 30 persen lebih banyak game daripada pengguna iPhone, namun iOS tetap memimpin pendapatan dari game karena pendapatan rata-rata per pengguna mereka lebih tinggi.
Waktu yang dihabiskan pada aplikasi-aplikasi ini sangat bervariasi antar negara, namun trennya terus tumbuh dari tahun 2015-2017 di setiap negara.
Aplikasi Kencan dan Produktivitas memiliki rata-rata penggunaan tertinggi per hari yaitu sekitar empat menit, sementara aplikasi Keuangan dan Produktivitas digunakan kurang dari satu menit per sesi.
Rata-rata waktu yang dihabiskan per bulan di Q1 tumbuh 7,5% antara tahun 2015 dan 2016. Pada 2016/17, terdapat pertumbuhan 10% dengan rata-rata 221 menit dihabiskan untuk aplikasi.
Secara rata-rata global, lebih dari 80% waktu yang dihabiskan di luar aplikasi teratas di negara tersebut.
Dalam hal waktu yang dihabiskan untuk bermain game, Korea Selatan dan Jepang masih unggul, 25 persen waktu dihabiskan untuk bermain game atau lebih dari 60 menit per hari.