Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Ini Senjata Smartfren Giring 3 Juta Pelanggannya Bermigrasi ke Handset 4G LTE

Salah satu PR Smartfren saat ini adalah menggiring 3 juta pelanggannya yang masih bertahan menggunakan devices lama bermigrasi ke 4G LTE

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Ini Senjata Smartfren Giring 3 Juta Pelanggannya Bermigrasi ke Handset 4G LTE
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Andromax Prime 4G LTE 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator seluler Smartfren saat ini memiliki total pelanggan di Indonesia sekitar 12 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6,9 juta diantaranya berkomunikasi memanfaatkan jaringan seluler 4G LTE.

Ciba Gangga, PR Section Head Smartfren mengatakan, jumlah pelanggan di 4G LTE ini secara bertahap akan terus ditingkatkan jumlahnya hingga sampai akhir 2017 ini seluruhnya telah bermigrasi menggunakan devices 4G LTE.

Salah satu PR Smartfren saat ini adalah menggiring sekitar 3 juta pelanggan lamanya masih bertahan menggunakan devices lama bermigrasi ke teknologi 4G LTE.

Menyiasati ini, Smartfren menempuh banyak jurus dan strategi. Satu diantaranya adalah dengan meluncurkan device baru, tipe feature phone ke pasar yang dilepas dengan harga terjangkau kantong, Andromax Prime.

Feature phone ini ditawarkan dengan harga hanya Rp 350.000 per unitnya. Ciba menjelaskan, Andromax Prime menyasar pelanggan Smartfren yang belum bisa beralih dari kebiasaan menggunakan feature phone ke smartphone.

Ciri khas tipe pelanggan ini adalah terlanjur terbiasa menggunakan ponsel yang memiliki keypad T9 (numerik) yang cara pengoperasiannya simpel alias tidak ribet.

Layarnya pun walau sudah berwarna masih belum tipe touch screen dengan dukungan baterai yang awet pemakaian.

BERITA TERKAIT

"Akhir tahun kita berharap sudah full 4G dan tidak ada pelanggan yang pakai device lama yang jumlahnya masih sekitar 3 juta pelangggan," ungkap Ciba Gangga.

Andromax Prime 4G LTE
Andromax Prime 4G LTE memiliki dimensi yang sangat kompak. Bandingkan dimensinya dengan ballpoint di sebelahnya.

Agar 3 pelanggan lama ini bersedia bermigrasi menggunakan devices 4G LTE ini, Smartfren menyampaikan pemberitahuan via SMS blast. "Kami juga memberikan insentif dengan harga khusus untuk pembelian devices baru dan sebagainya," ungkapnya.

Inbsentif lainnya untuk merayu pelanggan lama, pihaknya juga memberikan kompensasi untuk mereka yang bersedia pindah. "Cukup dengan ketik LTE ke 6046, nanti mereka akan ketahui offering apa yang kami berikan ke customer," bebernya.

Dari total 12 juta pelanggan Smartfren saat ini, sekitar 70 persen bermukim di wilayah Jabodetabek.

Gilang Pamenan, Market Device Engagement Specialist Smartfren mengatakan, meski wujudnya feature phone, Andromax Prime sudah dibekali banyak fitur dan fungsi yang melebihi standar sebuah handphone basic.

Selain fitur telepon dan SMS, Andromax Prime juga bisa digunakan mengakses aplikasi steraming video di YouTube, aplikasi WhatsApp dan Facebook.

Pihaknya juga menyematkan browser Opera sebagai aplikasi pre-installed untuk memudahkan pengguna berselancar di dunia maya. Fitur lainnya adalah radio FM, kamera belakang 2 megapiksel, dan kamera depan VGA serta konektivitas WiFi.

Andromax Prime memiliki RAM 512 MB dengan ROM 4 GB, dengan sistem operasi Launchdroid yang  merupakan versi ringan dari OS Android agar tidak membebani/memakan space besar di kapasitas memori ponselnya.

Smartfren saat ini tercatat sebagai operator seluler pertama di Indonesia yang menyediakan layanan 4G LTE. Saat ini layanan 4G LTE Smartfren menjangkau lebih dari 200 kota besar, kecuali kota kota di Papua, Maluku dan NTT.

Smartfren juga menyediakan layanan roaming ke luar negeri seperti ke Arab Saudi, negara-negara di wilayah ASEAN, Korea Selatan serta sejumlah negara di benua Afrika.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas