Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Sering Typo Dalam Menulis Pesan Singkat, Kira-Kira Apa Penyebabnya?

Typo memang tak bisa dihindari, namun sebenarnya, apakah yang menyebabkan kita melakukan typo ketika menulis?

Editor: Content Writer
zoom-in Sering Typo Dalam Menulis Pesan Singkat, Kira-Kira Apa Penyebabnya?
Ilustarasi menulis pesan singkat pada smartphone 

Dalam sehari seberapa sering kamu mengirim atau membalas pesan yang masuk ke dalam smartphonemu? Tentu sangat banyak bukan. Kalau sudah begitu, tentu kamu sering juga typo saat menulis pesan.

Typo memang tak bisa dihindari, namun sebenarnya, apakah yang menyebabkan kita melakukan typo ketika menulis? Dihimpun oleh tim Tribunnews.com, ternyata ini penyebabnya.

Sistem Kerja Otak

Dilansir dari situs Science ABC, ternyata otak kita bekerja secara generalisasi, yakni otak memberikan fokus lebih tinggi pada tugas tingkat tinggi dan luas. Jadi, saat menulis, otak kita lebih fokus dalam menggabungkan kata demi kata dalam membentuk kesatuan makna yang ingin disampaikan tanpa memperhatikan urutannya.

Kepribadian?

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 83 peserta, ditemukan bahwa seseorang dengan kepribadian ekstrover cenderung memiliki kesalahan lebih sedikit bila dibandingkan dengan mereka yang berkepribadian introvert.

Ini karena seorang yang introvert akan membiarkan kesalahan begitu saja, berbeda dengan ekstrover yang lebih teliti dan sangat peka terhadap kesalahan.

BERITA TERKAIT

Posisi Mengetik yang Tidak Pas

Menurut situs Alodokter.com, typo seringkali disebabkan oleh ketidaksesuaian posisi ketika mengetik. Oleh sebab itulah, smartphone berlayar penuh dan lebar sangat kamu perlukan demi mengurangi typo ketika menulis pesan singkat.

Smartphone berlayar penuh dan lebar seperti Vivo V7 dengan FullViewTM Display dapat membantu mengurangi typo ketika menulis pesan singkat. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas