Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Cara Tepat Jaga Keamanan Smartphone Dari Tangan-Tangan Jail

Menjaga keamanan smartphone bisa dibilang sangat penting agar hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi pada diri kita.

BizzInsight
zoom-in Cara Tepat Jaga Keamanan Smartphone Dari Tangan-Tangan Jail
Vivo Indonesia
Ilustrasi sistem keamanan smartphone berupa screen touch id. 

TRIBUNNEWS.COM – Semua hal penting yang dalam hidup, baik itu foto, video, bahkan hingga data-data penting seperti dokumen pekerjaan hingga rekening bank kini tersimpan dalam smartphone kita.

Oleh sebab itulah, menjaga keamanan smartphone bisa dibilang sangat penting agar hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi pada diri kita.

Beberapa pakar pun mengungkapkan rahasia mereka agar smartphone tetap aman dari tangan-tangan jail. Hal itu diantaranya:

Ketika Smartphone Hilang atau Dicuri

Pasti tak dipungkiri baik itu akibat kelalaian sendiri atau perbuatan orang lain, smartphone yang kita miliki bisa saja hilang atau dicuri.

Jika sudah begitu menurut Amanda Perez dalam tulisannya berjudul Cell Phone Safety Tips For Stolen Devices menyebutkan jika smartphone hilang atau dicuri, gunakanlah aplikasi khusus untuk mendeteksi keberadaan smartphone.

Jika memungkin, gunakan juga aplikasi yang mampu menghapus data pribadimu dari jarak jauh dan mengembalikannya ke pengaturan asli .

BERITA TERKAIT

Hal ini akan membuat seluruh kata sandi pada akun email, sosial media, bahkan akun bankmu akan tetap aman.

Selalu Update

Menurut akun twitter @GCFLearnFree yang dilansir situs tccrocks.com, selalu mengupdate OS yang dimiliki smartphone bisa menjadi cara tepat menjaga keamanan smartphone.

Itu karena pada update terbaru biasanya setiap manufaktur akan mengupdate juga tingkat keamanan yang dimiliki setiap smartphone. Jadi jangan pernah lewatkan setiap update yang ada.

Log Out Ketika Selesai Menggunakan Aplikasi Perbankan

Walaupun terkesan ribet, log out  setiap kali keluar aplikasi perbankan sangatlah dianjurkan Stephen Ebbet dalam tulisannya 6 Tips for Avoiding Identity Theft When Mobile Banking, About Money.

“Jangan simpan ID aplikasi perbankan Anda di perangkat, apalagi sebagian besar aplikasi memberikan penggunanya pilihan untuk menyimpan ID mereka pada smartphone. Itu karena jika jatuh ke tangan yang salah, orang tersebut akan memiliki informasi rahasiamu seperti saldo dan nomor rekening, bahkan pin,” ujar Ebbet.

Oleh sebab itulah ia menganjurkan para pengguna smartphone untuk log out setelah menggunakan aplikasi perbankan.

Namun jika hal tersebut telat kamu lakukan, Ebbet menyarankan untuk segera menghubungi perusahaan rekening bankmu supaya mereka bisa langsung memblokir aplikasi perbankan yang ada pada smartphonemu.

Selalu Terkunci

Ini adalah pertahan pertama yang harus selalu kamu gunakan untuk mengamankan smartphone.

“Pastikan kamu memiliki PIN rahasia, kata sandi, pengaturan sidik jari, atau tindakan pengamanan lainnya sehingga hanya kamu yang bisa mengakses smartphone yang kamu miliki,” tulis National Cyber Security Alliance yang dilansir situs tccrocks.com.

Selain fitur keamanan yang disebutkan di atas, ada fitur keamanan lain yang tak kalah keren dan aman. Itu adalah Screen Touch ID.

Teknologi keamanan smartphone yang diperkenalkan Vivo Indonesia pada Vivo V11 Pro ini membuat layar sentuh pada smartphone mampu memindai sidik jari penggunanya secara akurat.

Bagi yang ingin merasakan teknologi ini, sekarang merupakan saat yang tepat karena Vivo Indonesia tengah mengadakan promo “Indonesia Juara, V11 Pro Full Cashback”.

Lewat promo ini pada setiap pembelian Vivo V11 Pro Champion Phone di Shopee.co.id akan mendapatkan Full Cashback jika Indonesia berhasil menjadi juara AFF Suzuki Cup 2018 yang berlangsung dari tanggal 8 November – 15 Desember 2018.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas