Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Kehidupan Perkotaan Tahun 2030 akan Dipenuhi Pemanfaatan Teknologi

Toko fisik/offline tidak akan hilang, tetapi pengalaman di dalam toko akan berkembang di ranah pembayaran dan penggunaan teknologi di dalam toko

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kehidupan Perkotaan Tahun 2030 akan Dipenuhi Pemanfaatan Teknologi
Istimewa/dok Tribunnews
Adi Aviantoro-Country Manager Dassault Systèmes Indonesia (kaman) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dassault Systèmes mengungkapkan konsumen memperkirakan bahwa kehidupan perkotaan di tahun 2030 akan dipenuhi dengan teknologi yang meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Bakal hadir rel hyperloop, sistem rumah pintar yang terhubung penuh, pembayaran mobile dan rencana kesehatan preventif yang dipersonalisasi hanyalah beberapa dari teknologi disruptif yang tengah dijalankan hari ini yang akan menjadi hal yang lumrah di tahun 2030 menurut para responden yang disurvei tentang prediksi mereka akan kehidupan masa depan di rumah, serta dalam hal transportasi, kesehatan, dan ritel.

Meskipun konsumen memprediksi personalisasi sebagai salah satu manfaat utama inovasi teknologi di tahun 2030 di masing-masing kategori ini, mereka juga menyebutkan keamanan, efisiensi energi, kenyamanan, aksesibilitas, penghematan, dan pencegahan sebagai manfaat yang diperoleh dari berbagai teknologi.

Juga memberikan manfaat sosial yang nyata, serta mempersonalisasikan pengalaman.

"Temuan ini berasal dari survei terhadap penduduk yang mewakili demografi orang dewasa di A.S. yang dilakukan dalam kemitraan dengan perusahaan riset pasar independen CITE Research," kata Adi Aviantoro, Country Business Leader, Indonesia Dassault Systèmes, Asia Pacific dalam keterangan pers kepada Tribunnews, Senin  (28/1/2019)

Rel  sistem rumah pintar yang terhubung penuh, pembayaran mobile dan rencana kesehatan preventif yang dipersonalisasi hanyalah beberapa dari teknologi disruptif yang tengah dijalankan hari ini menjadi hal yang lumrah di tahun 2030 menurut para responden yang disurvei tentang prediksi mereka akan kehidupan masa depan di rumah, serta dalam hal transportasi, kesehatan, dan ritel.

Meskipun konsumen memprediksi personalisasi sebagai salah satu manfaat utama inovasi teknologi di tahun 2030 di masing-masing kategori ini, mereka juga menyebutkan keamanan, efisiensi energi, kenyamanan, aksesibilitas, penghematan, dan pencegahan sebagai manfaat yang diperoleh dari berbagai teknologi.

BERITA TERKAIT

Pengalaman yang dipersonalisasi dianggap sebagai manfaat utama dari kemajuan teknologi, khususnya di kalangan milenial.

Baca: Survei AJI: Upah Layak Wartawan di Jakarta Rp. 8,42 Juta

Di antara responden berusia 18-34 tahun, teknologi diharapkan akan memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera setiap pribadi; responden yang berusia di atas 35 tahun mengharapkan kemajuan teknologi akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik.

Rumah di tahun 2030 akan aman dan hemat energi.

Lebih dari 70% responden akan menggunakan perangkat yang dipantau dari jarak jauh, asisten yang diaktifkan suara, serta sistem rumah pintar yang terhubung penuh. Sebanyak 49% memperkirakan akan menggunakan asisten rumah virtual atau robot yang dipersonalisasi.

Transportasi dan mobilitas diperkirakan akan menjadi semakin berbasis listrik dan terhubung sehingga meningkatkan penghematan biaya, keselamatan di jalan, dan kualitas hidup, serta mengurangi waktu perjalanan.

Lebih dari 70% responden memperkirakan akan menggunakan kendaraan hybrid atau kendaraan yang sepenuhnya elektrik, sementara lebih dari setengahnya memperkirakan akan bepergian dengan hyperloop. Sebanyak 38% memperkirakan akan menggunakan taksi udara.

Lebih dari 75% memperkirakan pengalaman penumpang yang dipersonalisasi seperti optimisasi jalur navigasi dan peraturan lalu lintas yang dikendalikan kota, namun mayoritas memperkirakan bahwa mereka tidak akan mengizinkan akses terhadap data pribadi untuk meningkatkan layanan-layanan tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas