Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Qlue Hadirkan Smart Citizen Day untuk Wujudkan lndonesia Smart Nation

Dengan dukungan Komlnfo Rl, saat lnl solusi teknologi Qlue siap mendukung program 100 smart city Indonesia

Qlue Hadirkan Smart Citizen Day untuk Wujudkan lndonesia Smart Nation
Tribunnews/JEPRIMA
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan bersama Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue Andre Hutagalung saat menjadi pembicara pada Konferensi Pers Smart Citizen Day untuk Mewujudkan Smart Nation di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019). Smart Citizen Day nantinya akan menghadirkan kisah inspiratif dari 19 pembicara kunci lintas sektor yang akan memberikan inspirasi. Nantinya, perayaan puncak deklarasi dan selebrasi untuk mendukung gerakan masyarakat pintar ini akan diselenggarakan pada 28 Maret 2019. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Qlue dan Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) RI berkomltmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan lndonesla smart nation.

Untuk itu, Olue dan Kominfo RI menginsiasi Smart Citizen Day pada 28 Maret 2019 mendatang sebagai perayaan puncak deklarasi dan selebrasi untuk mendukung gerakan smart citizen di Indonesia.

Qlue bersinergi dengan Kominfo melalui inovasi teknologi mendorong gerakan yang fokus memberikan dampak sosial di masyarakat.

Dengan dukungan Komlnfo Rl, saat lnl solusi teknologi Qlue siap mendukung program 100 smart city Indonesia dan telah diaplikasikan di berbagai kota, institusi dan perusahaan untuk penerapan konsep smart city.

”Qlue menyediakan platform berbasis Artificial Intelligence, Internet of Things (loT) serta integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan elisiensi dalam menangani permasalahan kota," kata kata Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue, Andre Hutagalung dalam keterangannya, Rabu (20/3/2019).

Namun, kata dia keberhasilan penerapan aplikasi Qlue membutuhkan partisipasi warga dengan pemerintah.

Baca: Aplikasi Qlue Smart City Menangkan Best Mobile Government Service kategori Public Empowerment

Selain dengan pemerintah daerah, solusi teknologi QIue juga dapat diterapkan di berbagai instansi dan perusahaan multi industri untuk mendapatkan berbagai informasi akurat yang berguna untuk proses pengambilan keputusan.

"Untuk itu, Olue menghadirkan Smart Citizen Day untuk memperkenalkan berbagai Solusi Qlue kepada publik serta sebagai puncak perayaan smart citizen di Indonesia,” katanya. 

Smart Citizen Day merupakan gerakan smart citizen pertama di Indonesia dan dunia.

Diawalioleh deklarasi menjadi smart citizen oleh 34 pemuda terpilih yang telah menciptakan dampak sosial positif secara gotong royong di daerahnya.

Smart Citizen Day juga menghadirkan kisah inspiratif dari 19 pembicara kunci lintas sektor yang akan memberikan inspirasi bagaimana membuat akselerasi perubahan positif, inovasi dan kreasi bisnis di era digital, hingga mewujudkan smart business di  indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjelaskan, Kominfo mendukung sepenuhnya Smart Citizen Day yang di inisiasi oleh Qlue karena bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Besarnya arus informasi di era digital ini membuat masyarakat harus smart untuk menyaring informasi sebelum membagikan informasi tersebut ke orang lain.

"Kami berharap gerakan smart citizen ini dapat menjadi bola salju yang positif untuk meningkatkan literasi digital di seluruh Indonesia," katanya.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas