Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menkominfo Rudiantara Mengaku Belum Tahu Model Bisnis Teknologi 5G yang Dikembangkan Huawei

Terkait produk 5G tersebut perlu dilakukan uji coba pada produk-produk seluler lain tak hanya China namun juga produk dari Eropa dan Korea.

Menkominfo Rudiantara Mengaku Belum Tahu Model Bisnis Teknologi 5G yang Dikembangkan Huawei
IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Teknologi jaringan seluler generasi kelima atau 5G tengah ramai diperbincangkan secara global. Beberapa telepon genggam pintar gencar merilis produk 5G seperti Huawei, Samsung dan LG.

Menganggapi kesiapan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memilih untuk melihat terlebih dahulu bagaimana model bisnis dari jaringan 5G tersebut.

Menurut Menteri Kominfo Rudiantara, terkait produk 5G tersebut perlu dilakukan uji coba pada produk-produk seluler lain tak hanya China namun juga produk dari Eropa dan Korea.

Tujuannya agar secara teknis dan fungsional dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat di Indonesia.

“Kalau sekarang model bisnisnya saja belum ada. Kalau sudah ada baru kita bisa tahu apa yang harus kita lakukan nantinya,” Jelas Rudiantara, Rabu (5/6/2019).

Baca: Jelang Siang Ini Kembali Diberlakukan One Way, Mulai dari Km 70 GT Cikampek Utama Sampai Km 188

Meskipun menurutnya Indonesia memiliki pasar yang jauh lebih besar dibanding negara lain, ditambah lagi implementasi 5G yang memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan 4G LTE dengan tingkat delay yang lebih rendah, namun apakah masyarakat siap untuk membayar 3-4 kali lebih mahal? 

Baca: Atasi Ketergantungan Mineral Langka dari China, Pentagon Cari Pasokan Baru dari Negara Afrika

“Artinya model bisnis belum ada, sehingga kita belum tindak lanjuti meskipun memang corporate market tidak masalah, tapi untuk consumer market-nya,” Jelasnya.

Ia juga belum bisa memastikan kapan Indonesia akan siap mengadopsi jaringan seluler 5G tersebut, meskipun di negara lain seperti Korea yang dimulai dari pasar korporat.

“Wajar kalau Korea lebih dulu dibandingkan Indonesia, karena daya beli masyarakat di Korea lebih tinggi juga dibanding kita,” ujarnya.

 
Reporter: Venny Suryanto 
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Menkominfo Rudiantara mengaku belum tahu model bisnis teknologi 5G Huawei

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas