Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Karya Anak Bangsa

Ini Caranya! Bayar Parkir Gratis Melalui Transaksi Digital

Di masa lalu, budaya transaksi menggunakan uang tunai masih begitu kental. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan zaman, transaksi menggunakan uan

BizzInsight
Ini Caranya! Bayar Parkir Gratis Melalui Transaksi Digital
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.com - Di masa lalu, budaya transaksi menggunakan uang tunai masih begitu kental dilakukan. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan zaman, transaksi menggunakan uang tunai sudah mulai berkurang.

Bahkan, di masa sekarang, menurut Bank Indonesia, pengguna transaksi non-tunai lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna transaksi tunai.

Pergeseran transaksi dari tunai ke non-tunai ternyata memberikan segudang hal positif, seperti meningkatkan keamanan, praktis, cepat, dan lainnya. Tak hanya itu, BI juga mengungkapkan, dengan transaksi non-tunai dapat menghemat biaya untuk cetak uang kertas atau pun logam.

Dilansir dari Kompas.com, transaksi non-tunai ternyata dapat memberikan hal positif dalam pertumbuhan ekonomi. Pasalnya kecepatan proses transaksi non-tunai sangat berpengaruh terhadap perputaran ekonomi di suatu negara.

Guna mengatur transaksi digital, pada 2012 lalu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) no 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dalam Layanan Keuang Digital. Di dalam PP tersebut, mengatur mengenai penyelenggaraan sistem elektronik, penyelenggara agen elektronik, tanda tangan elektronik, transaksi elektronik, pengelolaan nama domain, sertifikasi elektronik, dan lembaga sertifikasi keandalan.

Menyikapi banyaknya keuntungan dari transaksi digital, di masa sekarang, banyak pihak swasta yang berlomba-lomba untuk mengkampanyekan transasi non-tunai. Bahkan, tidak sedikit pihak swasta yang membuat berbagai aplikasi layanan transaksi digital.

Salah satu perusahaan Karya Anak Bangsa yang gencar mengkampanyekan transaksi non-tunai adalah Gojek. Melalui salah satu unitnya yaitu GoPay, memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi digital.

Jika di masa lalu, GoPay hanya bisa diguanakan untuk transaksi membayar jasa Goride. Di masa sekarang, seiring pertumbuhan Perusahaan Karya Anak Bangsa, GoPay sudah bisa melakukan transaksi digital diberbagai lini kehidupan masyarakat.

Dalam gebrakan terbarunya, GoPay kini telah berkerja sama dengan Secure Parking untuk menyediakan pilihan pembayaran parkir secara non-tunai.

“GoPay telah bekerja sama dengan Secure Parking sebagai salah satu pengelola situs parkir terbesar di Indonesia yang mengelola lebih dari 900 situs parkir di Indonesia. Saat ini kami mulai di Puri Indah Mall dan Supermall Karawaci. Harapannya bisa segera diterapkan di situs parkir lain,” ujar Head of Corporate Communications GoPay, Winny Triswandhani. 

Cara Bayar Google Play dengan GoPay
 GoPay (Shutterstock)

Penggunaan pembayaran parkir menggunakan GoPay tergolong mudah. Pasalnya hanya perlu membuka aplikasi Gojek, klik menu ‘Bayar’, scan barcode yang ada di karcis sebelum keluar parkiran, masukan PIN GoPay, dan saldo akan secara otomatis terpotong untuk membayar parkir.

“Dengan langkah-langkah yang cukup sederhana, harapannya para pengendara bisa semakin mudah dalam melakukan pembayaran parkir. Pengendara pun dapat menghemat waktu karena tidak perlu lagi repot menyiapkan uang tunai atau menunggu uang kembalian, sehingga antrian di pintu keluar area parkir pun juga bisa dipercepat,” tambah Winny.

Selain memberikan kemudahan, perusahaan yang dirintis oleh Nadiem Makarim dan team juga memberikan promo gratis parkir 1 jam. Pengendara bisa menikmati gratis parkir satu jam dalam bentuk cashback Rp 5.000 jika melakukan pembayaran dengan GoPay. Nah, untuk mengetahui info lebih detail bisa kunjungi website di sini.

Penulis: Dea Duta Aulia

 

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Karya Anak Bangsa

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas