Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kampanye #AMANUNTUKSEMUA, Apa Saja 3 Fitur Keselamatan Terbaru Grab?

Fitur baru ini merupakan bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan yang diluncurkan akhir 2018 lalu dan menjadi bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA

Kampanye #AMANUNTUKSEMUA, Apa Saja 3 Fitur Keselamatan Terbaru Grab?
dok. Grab Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Berkomitmen hadirkan transportasi aman dan nyaman untuk semua orang, Grab menyelenggarakan Safety Roadshow di Yogyakarta dan merilis sejumlah fitur keamanan baru, yaitu ‘Pusat Keselamatan’ dan fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi.

Fitur baru ini merupakan bagian dari Roadmap Teknologi Keselamatan yang diluncurkan akhir 2018 lalu dan menjadi bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA, yang bertujuan untuk terus mendorong kesadaran aman berkendara baik bagi mitra pengemudi maupun pelanggan Grab.

Ini dia Fitur Keselamatan Terbaru Grab yang bisa kamu gunakan!

Dengan Safety Center/Pusat Keselamatan terbaru, semua penumpang yang mengendarai Grab sekarang dapat mengakses beberapa fitur keselamatan dalam satu kali klik.

Sebelumnya, fitur keselamatan yang memungkinkan pengguna untuk membagikan detail perjalanan mereka dengan orang yang terdekat, meminta bantuan darurat, dan melaporkan masalah keselamatan terletak secara terpisah di dalam aplikasi.

Berikut adalah ketiga fitur baru di Pusat Keselamatan yang yang jauh lebih mudah diakses para pengguna:

Baca: Safety Roadshow, Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Online

1. Share My Ride/Bagikan Informasi Perjalanan

Share My Ride menawarkan penumpang sebuah opsi untuk memberi akses bagi keluarga atau orang terdekat untuk melacak lokasi GPS langsung dan status perjalanan. Kini, fitur ini kian ditingkatkan dengan menampilkan perkiraan waktu kedatangan serta rincian mitra pengemudi.

2. Report a Safety Issue/Laporkan Masalah Keselamatan

Melalui fitur ini, penumpang dapat melaporkan masalah keselamatan dengan mudah, kapan saja dalam perjalanan mereka, sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan.

3. Get Emergency Assistance/Dapatkan Pertolongan Darurat

Jika terjadi keadaan darurat, penumpang dapat meminta bantuan dari tim respon insiden Grab 24/7. Peringatan SMS yang berisi detail perjalanan mereka dan lokasi saat ini akan secara otomatis dikirim ke Kontak Darurat yang didaftarkan.

Fitur ini juga telah ditingkatkan untuk memungkinkan penumpang melacak status bantuan darurat.

Ketiga fitur dalam Pusat Keselamatan di atas melengkapi fitur keamanan lainnya yang telah ada sebelumnya yaitu SOS Button/Tombol Darurat, Kamera GrabSiaga, Free Call (VoIP), Verifikasi Wajah Pelanggan dan Pengemudi melalui Swafoto, dan Grab Defence.

Baca: Dukung Program Pemerintah, Grab Mantapkan Langkah Menuju Smart City

grab-240120-1

Fitur keamanan terbaru menggunakan Artificial Intelligence

Grab juga merilis fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi. Melalui fitur ini Grab menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan.

Ketika sistem Grab mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan, penumpang akan secara otomatis menerima pemberitahuan dalam aplikasi yang menanyakan apakah penumpang atau pengemudi memerlukan bantuan.

grab-240120-2

Jika mereka membutuhkan bantuan, mereka akan segera diarahkan ke Pusat Keamanan di mana mereka dapat memilih satu atau lebih dari opsi berikut: 1) Membagikan detail informasi perjalanan kepada teman dan keluarga secara langsung; 2) Melaporkan masalah keamanan; atau 3) Meminta bantuan darurat.

Dalam keterangan pers resmi yang diterima Tribunnews pada Jumat (24/1/2020), Mochammad Fadjar Wibowo, Head of Platform Safety, Grab Indonesia mengatakan bahwa Grab akan selalu berinovasi dan berinvestasi dalam meningkatkan standar keselamatan transportasi di Indonesia

“Kami adalah satu-satunya pemain utama di Asia Tenggara yang telah berinvestasi dalam operasi keselamatan penting seperti respons insiden keselamatan 24/7, perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk setiap perjalanan, serta pemeriksaan latar belakang mitra pengemudi yang ketat sebelum mengikat kemitraan. Ini adalah fondasi keselamatan yang kuat yang telah kami letakkan selama bertahun-tahun, dan berbagai fitur keselamatan terbaru hari ini merupakan bukti kuat komitmen kami untuk berbuat lebih banyak,” terang Fajar.

Selain itu, Grab juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Forum Pengada Layanan (FPL). Kerja sama yang dilakukan meneguhkan komitmen bersama Grab dan FPL untuk mencegah dan menangani korban kekerasan seksual, khususnya melalui pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas kekerasan.

Admin: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas