Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Safety Roadshow, Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Online

Bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA, Grab Indonesia bersama Forum Pengada Layanan (FPL) mengadakan Safety Roadshow di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020).

Safety Roadshow, Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Online
Ist
Bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA, Grab Indonesia bersama Forum Pengada Layanan (FPL) mengadakan Safety Roadshow di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM – Bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA, Grab Indonesia bersama Forum Pengada Layanan (FPL) mengadakan Safety Roadshow di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020). Acara ini merupakan kelanjutan program Roadmap Teknologi Keselamatan yang dikenalkan pada 2018 lalu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, kolaborasi Grab dengan FPL bertujuan untuk mencegah dan menangani korban kekerasan seksual, khususnya melalui pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas kekerasan.

Baca: Ini Komitmen Grab Cegah Perdagangan Orang Lewat Layanan Digital

Pasalnya, semenjak diluncurkan Roadmap Teknologi Keselamatan, Grab melihat terjadi penurunan insiden kekerasan seksual sebesar 39% di Indonesia.

“Kami bangga dapat menjalin kerja sama dengan Forum Pengada Layanan (FPL) yang menaungi lembaga pengada layanan bagi korban kekerasan di 32 provinsi, kami berharap dengan kerja sama yang telah terjalin ini keamanan dan keselamatan dalam berkendara dapat terus meningkat, sehingga tercapainya angka kecelakaan ‘nol insiden’,” kata Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020).

Baca: Grab Berkolaborasi dengan Berbagai Pihak untuk Tekan Angka Perdagangan Orang

Dalam kolaborasi tersebut, Grab bersama FPL juga memberikan edukasi perlindungan penumpang dan mitra pengemudi Grab.

Selain edukasi, sebagai bagian dari kerja sama Grab dan FPL telah dilakukan kampanye donasi untuk FPL di platform GrabRewards yang dilakukan sejak bulan Desember 2019 sampai dengan 10 Januari 2020 lalu.

Donasi yang terkumpul sebesar Rp 109.965.000 dari 2.860 pengguna aplikasi dan dana khusus dari Grab akan FPL gunakan untuk program pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas di 4 (tiga) area yaitu wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan, serta Indonesia Timur.

Peserta program terbaik dari masing-masing wilayah akan mendapatkan bantuan modal agar bisa memulai usaha dan menjadi mandiri secara finansial.

Baca: Pengguna Grab Dapat Berdonasi untuk Korban Banjir lewat GrabRewards, Ini Caranya

Koordinator Sekretariat Nasional Forum Pengada Layanan (FPL), Veni Siregar mengatakan, FPL dan Grab memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menjadi wadah yang dapat mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan ketika berkendara, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

“Kami sangat senang, bisa terlibat dalam Safety Roadshow Yogyakarta dan kota-kota lainnya. Harapannya, kegiatan ini dapat memberi wawasan baru dan bersama-sama dengan mitra pengemudi, penumpang, dan semua pihak yang terkait, mari kita cegah kekerasan dalam perjalanan dan menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman,” tambah Veni.

Baca: Di Hari Ibu, Mitra GrabBike Ini Ceritakan Kisah Antara Pekerjaan dengan Anak, Salut!

Bukan hanya itu saja, dalam Safety Roadshow Yogyakarta, Grab juga memperkenalkan fitur baru, yaitu “Pusat Keselamatan” dan “Pemantau Perjalanan bagi Penumpang & Mitra Pengemudi” di aplikasi Grab.

Namun, untuk memanfaatkan fitur “Pemantau Perjalanan bagi Penumpang & Mitra Pengemudi” para pengguna harus bersabar. Sebab, fitur tersebut baru akan dirilis oleh Grab sekitar awal 2020. (dda/dan)

Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas