Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tableau Software Jadi Platform Analitik di Bank Mandiri

Dashboard mandiri dari Tableau membantu mempermudah proses bisnis secara signifikan dan meningkatkan kecepatan pengiriman informasi dalam bank.

Tableau Software Jadi Platform Analitik di Bank Mandiri
KOMPAS IMAGES/HERU SRI KUMORO
Layanan ATM Bank Mandiri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTATableau Software kini menjadi platform analitik di Bank Mandiri untuk membantu mempercepat pengambilan keputusan berbasis data di perusahaan perbankan terbesar di Indonesia ini.

Lewat solusi Tableau Software, Bank Mandiri bisa memberdayakan setiap divisi di bank dengan kemampuan analitik mandiri dalam membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

Saat ini fungsi bisnis utama seperti pencairan dan pembaruan kredit, serta profil dan keterlibatan nasabah telah memiliki akses ke Tableau untuk memandu pengambilan keputusan – lebih dari 600 dashboard telah dibuat di banyak divisi dalam perusahaan.

Dashboard mandiri dari Tableau membantu mempermudah proses bisnis secara signifikan dan meningkatkan kecepatan pengiriman informasi dalam bank. Pembuatan laporan business intelligence yang sebelumnya memerlukan waktu dua minggu, sekarang bisa diselesaikan hanya dalam waktu dua hari.

Baca: Samsung Rilis Galaxy S20+ BTS Edition, Berikut Spesifikasi dan Daftar Harga HP Samsung Juni 2020

Billie Setiawan, Wakil Presiden Senior, Group Enterprise Data Management (EDM), Bank Mandiri mengatakan, kecepatan mengakses pemahaman data terhadap visualisasi meningkat tajam sehingga Dewan Manajemen dan pemangku kepentingan lain dapat menerima informasi tepat waktu yang membantu mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Baca: Daftar Low SUV Terlaris Bulan Mei, Suzuki XL7 Teratas Tapi Wholesales Penjualan Turun

"Kami juga dapat menyasar nasabah lebih baik lagi melalui penawaran produk dan program yang sesuai serta meningkatkan keterlibatan nasabah,” ujar Billie Setiawan.

Sebagai bagian dari upaya membangun data-driven culture, Bank Mandiri meningkatkan literasi data dalam organisasi. EDM dan Mandiri University Group menyelenggarakan pelatihan data dan analitik kepada perwakilan pegawai di seluruh unit kerja menjadi salah satu upaya peningkatan kompetensi analitik dalam perusahaan.

Selain itu, untuk mengasah kemampuan dan berbagi pengalaman terkait data analitik, diselenggarakan juga secara rutin sesi Mandiri Tableau User Group (MTUG), sebuah komunitas yang dibentuk sebagai wadah untuk membantu baik pengguna lama maupun baru Tableau dengan berbagi praktik terbaik dan menjawab pertanyaan terkait analisis data.

Sesi tersebut menciptakan komunitas pembelajaran dan mempromosikan budaya data-driven di dalam organisasi. Bank Mandiri juga menawarkan training data analitik untuk para pegawai..

Bilie menambahkan, kemitraan dengan Tableau akan memperkuat misi Bank Mandiri menjadi bank digital terkemuka di Indonesia.

Dipimpin oleh pelatih data dari divisi EDM, sebuah divisi khusus yang dibentuk oleh bank untuk memberikan saran penggunaan analitik data, sesi bulanan ini membantu pengguna baru Tableau dengan berbagi praktik terbaik dan menjawab pertanyaan terkait data.

Baca: Tips Maksimalkan Fitur Kamera di Vivo V19 untuk Hasil Foto Lebih Maksimal

Sesi tersebut menciptakan komunitas pembelajaran dan mempromosikan budaya data di bank. Bank Mandiri juga menawarkan kursus analitik data untuk para karyawan.

Upaya ini, menurut Billie, untuk menghilangkan hambatan data bagi kelompok bisnis yang berbeda melalui edukasi dan keterlibatan nasabah yang lebih luas.

Baca: Tips Melintasi Tanjakan Curam Saat Mengemudikan Mobil

"Melalui kemitraan dengan Tableau, kami berharap dapat mengaktifkan analitik mandiri dan memberdayakan karyawan kami dengan memberikan akses ke pemahaman data yang mereka butuhkan untuk meraih sukses,” ujarnya.

Leslie Ong, Country Manager, Asia Tenggara, Tableau menegaskan, lembaga keuangan saat ini harus memanfaatkan analitik data untuk mentransformasi bisnis mereka dan menjadi yang terdepan.  “Kami berharap dapat bekerja sama dan mendukung Bank Mandiri dalam mencapai tujuan bisnis dan visinya melalui solusi analitik modern,” ujar Leslie Ong.

Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas