Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tanggapan Menkominfo Tentang Kehadiran Google Cloud Platform di Jakarta

Google Cloud juga dapat menjadi bagian penting untuk penguatan data analytics, kecerdasan buatan dan keamanan data.

Tanggapan Menkominfo Tentang Kehadiran Google Cloud Platform di Jakarta
IST
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, megatakan kehadiran Google Cloud Platform (GCP) merupakan bagian penting untuk perkembangan teknologi Indonesia.

Menurut Johnny, Google Cloud juga dapat menjadi bagian penting untuk penguatan data analytics, kecerdasan buatan dan keamanan data.

"Terkait data center ini, Pemerintah Indonesia berharap nantinya akan memperkuat keamanan dan privasi data, kemajuan ekonomi digital, dan mempertajam teknologi digital," kata Johnny dalam peluncuran GCP secara virtual, Rabu (24/6/2020).

Peluncuran GCP, menurut Johnny, merupakan contoh sinergi yang baik pemerintah dengan perusahaan. Hal ini juga dapat membuat pelanggan dapat terpenuhi kebutuhan teknologi masa kini.

"Sebab dukungan terhadap teknologi masa kini sangat penting, khusunya dalam hal keamanan dan kedaulatan data di Indonesia," ujar Johnny.

Baca: Google Cloud Resmi Meluncur di Jakarta, Dukung Percepatan Transformasi Digital

Sebagai informasi, GCP Region Jakarta diluncurkan dengan disertai layanan utama unggulan Google, termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable dan BigQuery.

Baca: Banyak Manfaatnya, Ekonom INDEF Sarankan UMKM Gabung ke Model Dapur Kolektif Ala Cloud Kitchen

Para developer, data scientist dan data engineering juga dapat memanfaatkan solusi machine learning dan kecerdasan buatan Google untuk membuat project mereka dari ide hingga deployment secara cepat.

GCP Jakarta sendiri resmi beroperasi per hari ini, Rabu (24/6/2020). GCP telah memiliki 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia, termasuk London, Singapura, Tokyo, Seoul dan lainnya.

Baca: Smartphone dari Black Market Masih Bisa Digunakan Meskipun Ada Aturan Blokir IMEI, Ini Alasannya

Sementara, dengan peluncuran GCP di wilayah Jakarta, kini GCP mempunyai 9 region GCP yang telah beroperasi di kawasan Asia Pasifik.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas