Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Moneytory, Fitur Baru untuk Atur Cash Flow yang Lebih Simpel di Platform Jenius

Aplikasi ini memandu pengguna mengetahui ringkasan kondisi finansial secara jelas mulai dari berapa jumlah pemasukan/pengeluaran dan berapa selisihnya

Moneytory, Fitur Baru untuk Atur Cash Flow yang Lebih Simpel di Platform Jenius
IST
Diskusi virtual membedah fitur baru Moneytory di aplikasi Jenius melalui aplikasi Zoom hari ini di Jakarta, Kamis, 25 Juni 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Solusi life finance dari Bank BTPN, Jenius, meluncurkan inovasi fitur terbaru yang disebut Moneytory. Moneytory merupakan fitur ini membantu masyarakat digital savvy mengelola cash flow dengan lebih simpel melalui pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius.

Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN di acara diskusi bareng media melalui aplikasi Zoom hari ini di Jakarta, Kamis, 25 Juni 2020 menjelaskan, Moneytory mencatat pemasukan dan pengeluaran dari transaksi uang masuk dan uang keluar di Saldo Aktif dan Kartu Debit Utama (m-Card).

Pengguna juga bisa mengetahui ringkasan kondisi finansial secara jelas, mulai dari berapa jumlah pemasukan/pengeluaran, berapa selisih di antara keduanya, dan melihat grafik pengeluaran dengan mudah berdasarkan tanggal dan nominalnya.

"Fitur Moneytory memudahkan melakukan tracking pendapatan dan pengeluaran, mengecek selisih pengeluaran dan pendapatan. Di aplikasi ini bisa di-setting hari mulai tracking-nya. Bisa mingguan, bulanan dan seterusnya," jelas Irwan.

"Pengeluaran-pengeluaran yang terpantau oleh aplikasi ini akan masuk dan langsung terkategori, misalnya berbelanja di kafe makanan dan minuman, akan langsung masuk ke kategori pengeluaran food and beverages," dia mencontohkan.

Irwan juga menjelaskan, untuk mewujudkan kondisi finansial yang sehat, hal mendasar yang perlu dilakukan adalah mengetahui cash flow yang dimulai dengan pencatatan finansial.

Baca: Ingin Buka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi VPN? Ini Cara Amannya

Boleh dibilang, Moneytory hadir sebagai personal financial management tool yang membantu pengguna mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius. "Fitur ini kami kembangkan berdasarkan masukan dan feedback dari proses kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia,” ujar Irwan. 

Baca: Aplikasi Travelation untuk Permudah Prosedur Naik Pesawat Terbang

Berdasarkan polling yang dilakukan Jenius melalui Instagram Story dan diikuti 2.619 responden didapati temuan, 6 dari 10 orang mengaku tidak terbiasa mencatat cash flow pribadinya. Alasan mereka beragam, mulai dari malas/ribet (40,5%), lupa (31%), bingung/tidak terbiasa (16,1%).

Ada juga yang karena alasan belum menemukan cara yang efektif (6,3%), dan merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan pencatatan finansial (3,9%). Sementara itu, pencatatan finansial merupakan hal mendasar untuk mengetahui kondisi finansial seseorang sehat atau tidak serta membantu dalam perencanaan keuangan.

Baca: Smartphone dari Black Market Masih Bisa Digunakan Meskipun Ada Aturan Blokir IMEI, Ini Alasannya

Ada 2 informasi utama pada fitur Moneytory yaitu pemasukan dan pengeluaran. Pada halaman utama Moneytory, pengguna bisa melihat jumlah total pemasukan dan pengeluaran beserta diagram persentase sesuai kategorinya, jumlah selisih antara pemasukan dan pengeluaran, serta highlights berisi tren pengeluaran yang menampilkan grafik pengeluaran sesuai tanggal juga nominalnya. 

Baca: Didukung Baterai Berkapasitas Besar, Vivo Y50 Partner Asyik untuk Aktivitas Harian Penggunanya

Setiap transaksi online dan offline yang pengguna lakukan dengan Saldo Aktif dan m-Card secara otomatis akan mengubah data pengeluaran di Moneytory sesuai kategorinya.

Mulai dari transfer uang, top up e-Wallet, bayar tagihan, transaksi offline di restoran/butik/supermarket, transaksi online di marketplace/App Store/Google Play, semua tercatat secara otomatis. Jika transaksi pengguna belum sesuai kategori yang ada, datanya akan tercatat ke bagian Belum Terkategori dan pengguna bisa langsung menyesuaikannya.

Konten kreator Jonatahn End, mengatakan, berdasar pengalamannya menggunakan fitur Moneytory, dia bisa nencatat pemasukan dan pengeluaran secara rutin lewat apps ini.

Dia mengaku, Moneytory memudahkannya mencatat pemasukan dan pengeluaran secara otomatis langsung dari di Jenius tanpa perlu berpindah aplikasi.

Empat tahun terakhir ini Jenius mengembangkan fitur-fitur revolusioner dari hasil kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia, antara lain Flexi Cash, Jenius untuk Bisnis, Pilihan Saldo Mata Uang Asing, dan yang terbaru adalah Moneytory.

Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas