Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kembangkan Ekosistem Sendiri, Huawei Rangkul Pengembang Aplikasi Lokal

Huawei saat ini sedang agresif mengembangkan ekosistem sendiri bernama Huawei Mobile Services (HMS).

Kembangkan Ekosistem Sendiri, Huawei Rangkul Pengembang Aplikasi Lokal
AUSDROID
Logo Huawei 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Huawei saat ini sedang agresif mengembangkan ekosistem sendiri bernama Huawei Mobile Services (HMS). HMS diluncurkan bersamaan dengan smartphone Huawei Mate 30 Pro.

Dalam pernyataan terbarunya, Huawei menyatakan, HMS telah digunakan oleh lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia hingga Desember 2019.

Semetara, pengembang/mitra yang terdaftar disebut mencapai 1,3 juta pengembang.

“Huawei Mobile Services akan terus memprioritaskan pengembangan ekosistem yang komprehensif untuk peningkatan pengalaman pengguna dengan mengutamakan kemudahan, kecepatan dan kelancaran pada smartphone Huawei,” kata Lo Khing Seng – Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia.

Menurut Bobby Ivan, Division Manager Datascrip, authorized distributor Huawei di Indonesia, banyak aplikasi lokal yang kini dirangkul bergabung di ekosistem HMS.

Baca: Penuhi Kebutuhan Konsumen, Erajaya dan Huawei Resmikan HES

“Kami melihat semakin banyak aplikasi populer yang bisa digunakan. Selain itu, Huawei terus memperkaya AppGallery yang dikembangkannya dengan dukungan aplikasi-aplikasi lokal,” ujar Bobby Ivan.

Baca: Mantan Bos Google: Huawei Terlibat dalam Praktik yang Langgar Keamanan Nasional AS

Dia mengatakan, ada puluhan aplikasi lokal di AppGallery yang sudah bisa dinikmati, meliputi aplikasi e-commerce, perbankan, perjalanan, hiburan, berita dan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia.

Baca: Huawei Disebut Keluarkan Permintaan Pasokan Chip ke Samsung Demi Bertahan dari Tekanan AS

Antara lain, aplikasi perbankan dan keuangan antara lain BNI Mobile Banking, BCA Mobile, Dana, Akulaku, Permata Mobile, dan GO Mobile oleh CIMB Niaga. Aplikasi belanja online yaitu Blibli, Matahari, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, dan Shopee.

Begitu juga aplikasi game dan hiburan seperti Wawa, Hago, CGV Blitz, MAXStream, Vidio, UseeTV Go, Langit Musik serta Line dan Here We Go untuk aplikasi navigasi.

Dia menyebutkan, Huawei masih akan terus mengembangkan dan membawa aplikasi lokal populer ke AppGallery dan konsumen dapat mengunduh aplikasi tersebut di AppGallery.

Huawei Mobile Services merupakan aplikasi dan layanan untuk mendukung ekosistem di perangkat pintar Huawei untuk menghadirkan pengalaman akan kemudahan, kecepatan, dan kelancaran dengan visi menciptakan pengalaman kecerdasan baru dan ekosistem HMS tanpa batas untuk penggunanya di seluruh dunia.

Di HMS, pengguna akan mendapatkan aplikasi Huawei Browser, Huawei Mobile Cloud, Huawei Themes, Huawei Music, Huawei Video, Huawei Reader, dan Huawei Assistant dengan proteksi dari Trusted Execution Environment (TEE). 

Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas