Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dukung UMKM Go-Digital, Gojek Berikan Lima Solusi Operasional Bisnis

Untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menerapkan digitalisasi, Gojek memberikan solusi langkah operasional bisnis.

Dukung UMKM Go-Digital, Gojek Berikan Lima Solusi Operasional Bisnis
Tribunnews/Irwan Rismawan
Presiden Gojek Group Andre Soelistyo memberikan paparan dalam peluncuran program Gojek Xcelerate di Jakarta (10/9/2019). Gojek Xcelerate merupakan sebuah program akselerator kolaborasi antara Gojek bersama Digitaraya, didukung oleh pemain industri kelas dunia lainnya, yang ditujukan untuk mencetak lebih banyak unicorn merah putih yang menjadikan Indonesia digital power house di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, melalui pengembangan startup dalam program ini juga ditujukan untuk mengembangkan startup merah putih sehingga mampu bertumbuh secara pesat dan menciptakan dampak sosial positif yang lebih luas. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menerapkan digitalisasi, Gojek memberikan solusi langkah operasional bisnis.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo, mengatakan ada lima end-to-end solusi opersional bisnis untuk membantu UMKM lebih maju dengan menerapkan digitalisasi melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek.

"Lima langkah operasional bisnis atau solusi bagi UMKM masuk ke ekosistem digital, kami hadirkan mulai dari solusi pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman, hingga administrasi," ucap Andre dalam konferensi virtual, Senin (10/8/2020).

Baca: Gojek Jadi Contoh Layanan Digital Penopang Keberlangsungan UMKM

Baca: Diskon Gojek di Hari Belanja Diskon Indonesia 14-30 Agustus 2020

Andre menjelaskan, solusi operasional bisnis dalam digitalisasi yang pertama adalah administrasi. Gojek menghadirkan kemudahan dalam melakukan administrasi para pengusaha UMKM.

"Kami menghadirkan berbagai layanan seperti MOKA, Gobiz dan Gopay. Seperti layanan MOKA, yang dapat membantu pencatatan order pesanan dengan sangat lengkap dan bisa melihat tren penjualan sehari-hari melalui platform ini," ucap Andre.

Selain itu menurut Andre, Gojek juga memberikan kemudahan bagi para pengusaha UMKM dalam hal pembayaran dengan menghadirkan layanan one stop solution yang menghadirkan tipe pembayaran apa saja yang bisa diterima pengusaha UMKM.

"Kami telah bekerjasama dengan bank swasta dan pemerintah, sehingga pengusaha UMKM dapat menerima pembayaran baik melalui kartu kredit dan debit," ucap Andre.

"Kami juga bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk melakukan integrasi terhadap pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (Qriss), untuk membantu konsumen untuk melakukan pembayaran kepada pengusaha UMKM," ucap Andre.

Lebih lanjut Andre mengungkapkan, pengusaha UMKM yang masuk dalam ekosistem Gojek juga dibantu dalam hal pemasaran kepada konsumen melalui layanan Gofood, GoMart ataupun media sosial lain seperti Instagram dan WhatsApp.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas