Tribun Techno

Gojek Gunakan Detektor Perangkat Ilegal, Mitra Driver Tak Bisa Curang Lagi

Gojek mengaplikasikan teknologi terbaru yang dapat mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis pada ponsel mitra pengemudinya.

Gojek Gunakan Detektor Perangkat Ilegal, Mitra Driver Tak Bisa Curang Lagi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mitra driver Gojek. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gojek mengaplikasikan teknologi terbaru yang dapat mendeteksi perangkat ilegal secara otomatis pada ponsel mitra pengemudinya.

Head of Driver Operations-Trust and Safety Gojek Kelvin Timotius mengatakan, teknologi ini mampu mendeteksi perangkat ilegal seperti fake GPS dan Mod Apk ataupun aplikasi modifikasi lainya yang digunakan oleh mitra.

"Gojek sendiri memiliki tata tertib, untuk melindungi keamanan mitra dan pelanggan dengan tidak memperbolehkan penggunaan aplikasi ilegal pada layanan Gojek," kata Kelvin dalam keterangan resminya," Minggu (18/10/2020).

Ia menambahkan, dengan teknologi baru ini maka Gojek mampu mendeteksi dan menindak secara otomatis mitra yang menggunakan perangkat ilegal.

Baca juga: Gojek Pasang Fitur Lapor Ofik untuk Cegah Masuk Orderan Fiktif

"Apabila terdeteksi sistem, pengguna perangkat ilegal akan mendapat sanksi bertahap, mulai dari penonaktifan akun sementara sampai dengan pemutusan kemitraan," ujar Kelvin.

Kelvin juga menyebutkan, teknologi ini juga menggunakan kemampuan machine learning dan kecerdasan buatan sehingga dengan mudah mendeteksi tindakan curang yang merugikan mitra driver ataupun pelanggan.

"Teknologi ini tentunya untuk melindungi mitra dan mendukung mereka yang telah bekerja keras dengan jujur, perangkat ilegal ini sangat merugikan mitra yang bekerja dengan jujur," ucap Kelvin.

Sebelumnya, lanjut Kelvin, teknologi seperti fitur Verifikasi muka dan penyamaran nomor telepon telah dihadirkan Gojek untuk meningkatkan keamanan bagi mitra serta pelanggan.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas