Tribun Techno

ShopeePay Kalahkan Ovo dan GoPay Versi Lembaga Survei

IIpsos menyebutkan, survei dilakukan secara online pada 16-23 Oktober 2020 melibatkan 1.000 responden berusia 18 tahun ke atas

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
ShopeePay Kalahkan Ovo dan GoPay Versi Lembaga Survei
IST
Ilustrasi 

Lapiran Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Dompet digital ShopeePay dinyatakan sebagai layanan uang digital yang paling banyak digunakan di Indonesia versi lembaga survei Ipsos in Indonesia.

IIpsos menyebutkan, survei dilakukan secara online pada 16-23 Oktober 2020 melibatkan 1.000 responden berusia 18 tahun ke atas, serta sudah menggunakan dompet digital dan melakukan pembelian di e-commerce dalam dua tahun ke belakang.

Tujuan dari survei ini ialah mengetahui merek dompet digital apa yang memiliki kepuasan, loyalitas, dan persepsi pengguna yang paling unggul.

Menurut survei ini, ShopeePay menjadi dompet digital yang paling sering digunakan selama bulan Oktober dengan hasil survei 34 persen, disusul, Ovo dengan 28 persen, kemudian GoPay 17 persen, Dana 14 persen dan Link Aja 7 persen.

Managing Director Ipsos in Indonesia, Soeprapto Tan mengatakan,  sejak dua tahun lalu, Ipsos sudah melihat adanya tren penggunaan aplikasi e-wallet atau dompet digital di Indonesia.

"Selama pandemi Covid-19 ini, ada peningkatan 44 persen masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan pembayaran non-tunai atau cashless payment," tutur Soeprapto saat virtual Presscon, Rabu (4/11/2020).

Di antara para pemain dompet digital menurut survei ini, ShopeePay dinyatakan unggul sebagai merek dompet digital yang memiliki penetrasi tertinggi dalam tiga bulan terakhir, yakni 48 persen dari total pengguna dompet digital di Indonesia.

Baca juga: Verifikasi Wajah dan Sidik Jari di Fitur Biometrik GoPay Tingkatkan Keamanan Transaksi Non-Tunai

Disusul Ovo dengan hasil 46 persen dari total suara responden, GoPay 35 persen, Dana 26 persen dan LinkAja 16 persen dari total.

Dilihat dari pangsa pasar nilai transaksi, ShopeePay juga berhasil mencatatkan pangsa pasar, dengan jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 29 persen dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia diikuti Ovo 27 persen dari total, kemudian GoPay 22 persen, Dana 14 persen, serta LinkAja 7 persen.

Baca juga: Cara Upgrade OVO Premier, Agar Dapat Melakukan Transfer ke Rekening Bank dan Sesama Akun OVO

"Tingkat penggunaan yang tinggi dapat diilustrasikan dari tingginya nilai transaksi menggunakan merek-merek dompet digital di tengah kehidupan masyarakat," ungkap Associate Project Director Ipsos in Indonesia, Indah Tanip. 

Dari pangsa pasar nilai transaksi, ShopeePay menjadi merek dompet digital yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yakni 32 persen dari total nilai transaksi dompet digital di Indonesia, disusul oleh Ovo 25 persen dari total, GoPay 21 persen, Dana 14 persen dan LinkAja 8 persen.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas