Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Era Big Data, UMKM Perlu Dapatkan Pendampingan Data Science

UMKM perlu didorong untuk mendapatkan pendampingan tentang data science untuk menopang pengembangan bisnis mereka.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Era Big Data, UMKM Perlu Dapatkan Pendampingan Data Science
IST
Ilustrasi Big Data. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia kini memasuki era big data ditandai dengan tren digitalisasi sudah merambah semua sektor kehidupan termasuk dunia bisnis.

Hal ini sejalan dengan tren literasi internet yang meningkat pesat di masyarakat Indonesia. 

Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga perlu didorong untuk mendapatkan pendampingan tentang data science untuk menopang pengembangan bisnis mereka.




Merespon hal itu, Program studi Teknik Informatika, Fakultas ilmu komputer Universitas Mercu Buana jakarta menggelar webinar membedah tema Data Science untuk Bisnis UMKM, Selasa (19/1/2021).

Kegiatan webinar yang digelar bekerja sama dengan salah satu komunitas UMKM ini menghadirkan pembicara dari luar negeri dengan peserta dari Indonesia, Malaysia, Brunei dan Timor Leste.

Antara lain,Prof Lim Tong Ming dari Faculty of Computing and Unformation Technology Teuku Abdul Rahman University College.

Baca juga: Bursa Perdagangan Aset Digital Upbit Meluncur di Thailand

Prof Lim membawakan makalah berjudul Data Storytelling the Most Important Element in Business Strategy Program. 

BERITA TERKAIT

Pembicara lainnya adalah Dr Deshita Arrova Devi Ph.D dari Inti University Malaysia membawakan materi Data Science Socialization and Training for Utilization of Big Data for Small Medium Enterprise.

Sesi terakhir menghadirkan Dr. Luis Patino dari University of Reading, Inggris, membawakan materi mengenai Video Analysis for Business.

Seminar Data Science
Seminar online membedah topik Data Science untuk Bisnis UMKM diselenggarakan oleh Program studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana jakarta, Selasa (19/1/2021).

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMB Dr Mujiono Sadikin mengatakan, big data kini telah menjelma menjadi new oil. Ibarat komoditas, penguasaan atas data di era digital saat ini jadi jauh lebih berharga dari minyak dan juga emas.

"Dengan data kita mampu untuk mendapatkan manfaat yang hampir tidak terbatas di dalamnya," ujar Mujiono.

Baca juga: Resmi Jadi Penyelenggara Sertifikat Elektronik, DTB Garap Bisnis Tanda Tangan Digital

Dia berharap, pemanfaatan data science untuk UMKMakan mampu memberikan pengetahuan yang baru yang bisa dimanfaatkan oleh komunitas UMKM.

Dengan data yang dimiliki, UMKM berpeluang untuk meningkatkan daya saingnya.

Mujiono menjelaskan, seminar online ini juga menjadi perwujudan dari salah satu misi dari Fasilkom UMB untuk dapat berkontribusi terhadap pengembangan komunitas masyarakat dalam menyambut era digitalisasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas