Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Samsung Dikabarkan Siapkan Chip Baru dengan Performa Selevel A14 Bionic di iPhone 12

Saat ini Exynos 2100 milik Samsung memiliki poin yang sebanding dengan Snapdragon 888 buatan Qualcomm dalam hal pengujian CPU.

Samsung Dikabarkan Siapkan Chip Baru dengan Performa Selevel A14 Bionic di iPhone 12
SEIN
Inyup Kang, President of System LSI Business at Samsung Electronics saat mengumumkan kehadiran prosesor terbarunya untuk smartphone flagship, Exynos 2100 melalui acara virtual pertamanya, Exynos On 2021, Rabu (13/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Samsung dikabarkan sedang mengerjakan seri chipset baru yang akan selevel dengan chipset A14 Bionic buatan Apple yang menjadi sumber kekuatan lini iPhone 12.

Meskipun Samsung baru saja merilis chipset Exynos 2100 yang diklaim mendapatkan pembaruan sangat banyak dari seri sebelumnya, namun secara statistik chip tersebut masih ada di bawah A14 Bionic.

Saat ini Exynos 2100 milik Samsung memiliki poin yang sebanding dengan Snapdragon 888 buatan Qualcomm dalam hal pengujian CPU. Namun kinerja GPU-nya masih tertinggal.

Dikutip dari Gizmochina, Samsung kemungkinan bakal memperkenalkan seri chipset baru ini pada paruh pertama tahun ini.

Jika benar, kemungkinan chipset baru akan dipasangkan pada seri Galaxy Note yang baru.

Baca juga: Preorder Samsung Galaxy S21 5G Series Sampai 27 Januari 2021, Bonus Galaxy Buds Live

Sayangnya, belakangan beredar kabar bahwa Samsung akan menghapus lini Galaxy Note setalah memutuskan memberi dukungan S Pen pada Samsung S21 Ultra.

Namun jika masih berlanjut, jelas sangat menarik untuk dinantikan apakah lini Galaxy Note baru akan merasakan servis chip Exynos baru.

Baca juga: Tiga Tips Mudah Bikin Konten di Media Sosial Jadi Viral 

Gizmochina sebelumnya sempat melaporkan bahwa Samsung sedang bekerja sama dengan AMD untuk mengoptimalkan kinerja grafis pada chip Exynos yang selama ini menjadi titik lemah.

Kabar tersebut jelas memperkuat rumor bahwa Samsung memang sedang berusaha mengejar ketertinggalan dari rival-rivalnya dalam hal kinerja GPU.

Bahkan, laporan menyebutkan bahwa dalam uji coba awal, chipset Exynos baru berhasil menunjukkan performa grafis yang lebih baik dari A14 Bionic dengan selisih yang signifikan.

Mengacu pada rumor yang beredar saat ini, sepertinya Samsung akan mengubah jadwal peluncuran chipset tahunannya. Pandemi yang masih berlanjut juga bisa terus menggeser jadwal.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas