Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hari Internet Aman Sedunia, TikTok Hadirkan Fitur Toolkit Keamanan Keluarga

Aplikasi kreasi video singkat, TikTok meluncurkan fitur panduan untuk orang tua tentang pengasuhan anak dalam dunia digital.

Hari Internet Aman Sedunia, TikTok Hadirkan Fitur Toolkit Keamanan Keluarga
ist
Aplikasi kreasi video singkat, TikTok meluncurkan fitur panduan untuk orang tua tentang pengasuhan anak dalam dunia digital. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aplikasi kreasi video singkat, TikTok meluncurkan fitur panduan untuk orang tua tentang pengasuhan anak dalam dunia digital.

Bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day), TikTok bersama DQ Institute merilis Toolkit Keamanan Keluarga untuk membantu orang tua dalam mengawasi aktifitas anak dalam menggunakan aplikasi ini.

Toolkit yang berisi panduan dan tool bagi orangtua bertujuan menciptakan lingkungan siber yang aman dan ramah keluarga yang bisa diunduh melalui Pusat Keamanan TikTok.

Baca juga: Dapat Kritikan saat Jadi Host TikTok Awards, Nia Ramadhani Menangis: Gue Enggak Mampu

"Upaya dan komitmen TikTok dalam Hari Internet Aman Sedunia adalah menciptakan lingkungan siber yang aman akan terus kami gaungkan demi kepentingan bersama," kata Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/2/2021).

Hari Internet Aman Sedunia 2021 yang mengambil tema "Together for a Better Internet", TikTok turut andil dalam upaya menciptakan internet sebagai sarana konten yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna, terutama anak dan remaja.

Untuk itu, TikTok berharap panduan atau Toolkit yang telah tersedia ini bisa menjadi sumber edukasi anak dan orangtua.

"Harapannya semoga Toolkit Keamanan Keluarga TikTok ini bisa menjadi sumber edukasi sekaligus panduan pengasuhan digital yang komprehensif bagi para orangtua di Indonesia untuk menyadari pentingnya keamanan, keselamatan, dan privasi daring anak remaja," imbuh Donny.

Mengacu pada hasil riset Alvara Research Center, terdapat kenaikan yang sangat signifikan terkait penggunaan internet masyarakat pada Juni 2020.

Dalam peluncuran Toolkit ini, TikTok juga menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menciptakan internet yang aman dan ramah untuk anak dan remaja.

TikTok melihat fenomena ini patut menjadi perhatian bagi orangtua untuk turut berperan membimbing aktivitas anak remajanya di dunia maya. Selain itu dalam rangka penguatan karakter, TikTok merasa perlu untuk berkolaborasi dengan Kemendikbud untuk menciptakan ruang digital yang ramah anak.

"Kami akan terus memberikan dorongan untuk terciptanya sinergi antara orangtua dan anak di ranah digital dalam upaya membangun penguatan karakter anak. Kita akan mewujudkan generasi cerdas berkarakter Indonesia yang maju bermartabat dan merujuk Profil Pelajar Pancasila," kata Hendarman, Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud.

Toolkit Keamanan Keluarga TikTok berisi 10 tips tentang pengasuhan digital pada anak remaja. Panduan ini sangat mudah diterapkan oleh orangtua dalam memantau aktivitas anak di platform digital mana pun, tidak hanya untuk platform TikTok.

TikTok juga melengkapi panduan itu secara lengkap mengenai alat keamanan keluarga yang dapat digunakan oleh orangtua. Di antaranya Pelibatan Keluarga (Family Pairing), fitur yang memungkinkan akun orangtua dan akun anak remaja terhubung sehingga dapat memantau aktivitas anak di dunia maya.

Toolkit Keamanan Keluarga TikTok dapat diakses dan diunduh pada Pusat Keamanan TikTok dan situs Puspeka Kemendikbud.

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas