Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tinggalkan Android, Smartphone Huawei Sudah Gunakan Sistem Operasi HarmonyOS Mulai April

Pengguna smartphone Huawei, pada April 2021 mendatang dikabarkan sudah dapat menikmati sistem operasi HarmonyOS sebagai pengganti Android.

Tinggalkan Android, Smartphone Huawei Sudah Gunakan Sistem Operasi HarmonyOS Mulai April
VOA NEWS
Huawei Technologies 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengguna smartphone Huawei, pada April 2021 mendatang dikabarkan sudah dapat menikmati sistem operasi HarmonyOS sebagai pengganti Android.

Mengutip dari laman situs Tech Crunch pada Jumat (26/2/2021), Huawei mengumumkan apabila HarmonyOS itu akan tersedia pada smartphone besutannya pada April 2021 mendatang.

Baca juga: Telkomsel-Huawei Pasang Antena High-gain Narrow Beam untuk Gedung Tinggi

Juru Bicara Huawei mengatakan, HarmonyOS ini nantinya tidak hanya tersedia untuk smartphone yang berada di negara China saja. Tetapi, untuk yang berada di luar China juga dapat menikmati sistem operasi tersebut.

Menurut Huawei, smartphone pertama yang akan mendapatkan pembaruan sistem operasi HarmonyOS adalah Mate X2 kemudian nanti bertahap untuk perangkat lainnya.

Baca juga: Huawei Operasikan Toko High-End Experience di Mal Puri Indah

Baca juga: Huawei Bantah Rumor Rencana Jual Bisnis Smartphone Premiumnya

Pengembangan HarmonyOS oleh Huawei sendiri, karena perusahaan tersebut terkena entity list oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS). Entity list ini, membatasi perusahaan AS untuk mengekspor teknologi ke Huawei.

Sementara itu seorang analis dari Canalyst Nicole Peng menilai, dengan adanya sistem operasi baru di smartphone Huawei dapat mengembalikan bisnis perusahaan yang sebelumnya mengalami kesulitan.

Selain itu, Huawei juga mengklaim bahwa sistem operasi untuk smartphone miliknya itu dapat bekerja lintas perangkat dari smartphone hingga TV.

Pada September 2020 lalu, perusahaan telah meluncurkan versi kedua dari HarmonyOS dan telah meminta sejumlah pengembang membuat aplikasi di platform tersebut.

Kemudian untuk para pengguna Huawei skala internasional, perusahaan asal China itu juga melakukan desain ulang antarmuka pada app storenya yang bernama App Gallery.

Tujuan mengubah desain tersebut, dikatakan Huawei agar meningkatkan fungsi navigasi pada toko aplikasinya.
Penggunaan OS di luar China didorong dengan cara Huawei meminta pengguna perangkat untuk memperbarui HarmonyOS.

Saat ini, App Gallery milik Huawei sendiri sudah digunakan oleh para pengguna smartphone hingga 530 juta pengguna aktif bulanan. Pengembangan HarmonyOS ini sendiri, sudah dimulai sejak Mei 2016.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas