Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Survei IDC Sebut 3 Merek Ponsel Ini Rajai Wearable Gadget Sepanjang 2020

Terdapat 3 merek ponsel yang menguasai pasar global yakni Apple, Xiaomi, dan Samsung menjadi penguasa pasar wearable gadget.

Survei IDC Sebut 3 Merek Ponsel Ini Rajai Wearable Gadget Sepanjang 2020
Apple.com
Apple Watch SE 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - International Data Corporation (IDC) membuat riset mengenai tren wearable gadget terfavorit di tahun 2020.

Terdapat 3 merek ponsel yang menguasai pasar global yakni Apple, Xiaomi, dan Samsung menjadi penguasa pasar wearable gadget. Riset IDC menyebut bahwa pada kuartal IV 2020 Apple masih unggul dengan persentase yang sangat jauh dengan pesaingnya.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A32, Dijual Rp 3,5 Juta dan Dibekali Kamera 64 MP

Pada kuartal IV 2020, Apple berhasil melepas 55,6 juta unit perangkat wearable dan mendapat market share 36,3 persen. Angka tersebut naik 27,2 persen dibanding capaian Apple setahun sebelumnya.

Hasil data ini sekaligus menunjukkan ketatnya persaingan di segmen wearable ini. Hal itu dilihat dari market share Apple yang stagnan meski pengapalannya naik cukup besar.

Apple masih disokong oleh tiga jenis Apple Watch yang memiliki kelas harga berbeda. Ketiga jenis Apple Watch itu adalah Series 6, SE, dan Series 3, yang menyumbang 45,6 persen dari total shipping mereka, mengutip data yang dimuat IDC, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Chipset Snapdragon 888 Disebut Bikin Smartphone Mi 11 Cepat Panas, Ini Tanggapan Xiaomi

Sementara pabrikan ponsel asal China Xiaomi meraih hasil kurang baik dari shipping wearable gadget mereka. Total pengapalan unit mereka turun sebesar 18,3 persen dari produk multiguna yaitu Mi Band.

Meski demikan, pengapalan wearable Xiaomi secara global naik 5 Persen dan penyumbang perangkat itu paling banyak dari produk audio.

IDC mencatat terdapat 13,5 juta unit wearable yang di-shipping oleh Xiaomi selama kuartal IV 2020. Sementara raihan market share mereka sebesar 8,8 persen.

Baca juga: Apple Segera Rilis iPhone Versi Flip Dilengkapi Stylus

Sementara hasil pengapalan raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung berhasil melepas 13 juta unit wearable selama kuartal IV 2020. Raihan market share dari pelepasan unit itu mengalami kenaikan sebesar 8,5 persen.

Sementara untuk total pengapalan Samsung naik 20,5 persen. Sayang, jumlah pengapalan itu tak diiringi raihan market share mereka yang turun dari dari 9 persen menjadi 8,5 persen.

Pada top 3 global itu, dibawahnya ada Huawei yang berhasil mengapalkan 10,2 juta unit wearable pada periode kuartal IV 2020. Raihan shipping Huawei memiliki market share sebesar 7,6 persen.

Hasil riset IDC ini juga memiliki fakta menarik seputar penjualan wearable gadget di Indonesia. Meski ekonomi Indonesia minus karena dihantam pandemi Covid-19 pasar ponsel Indonesia tetap tumbuh.

Hal itu berdasarkan hasil riset Quarterly Mobile Phone Tracker IDC yang mencatat pengiriman ponsel di Indonesia mencapai 11,7 juta unit pada kuartal IV 2020.

Total ada 36,8 juta perangkat ponsel yang dikapalkan ke Tanah Air sepanjang tahun 2020. Angka ini tercatat naik sebesar 1 persen bila dibandingkan tahun 2019.

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas