Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Instagram Lite Resmi Dirilis di Indonesia, Janjikan Akses Mode Ringan dan Anti Nge-Lag

Instagram dan Facebook secara bersamaan meluncurkan versi mode ringan yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel Android.

Instagram Lite Resmi Dirilis di Indonesia, Janjikan Akses Mode Ringan dan Anti Nge-Lag
ist
Instagram dan Facebook secara bersamaan meluncurkan versi mode ringan yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel Android. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aplikasi media sosial Instagram dan Facebook secara bersamaan meluncurkan versi mode ringan yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel Android.

Bertepatan dengan momen Ramadhan ini, Indonesia patut berbangga karena menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar peluncuran Instagram Lite. Aplikasi terpopuler di dunia itu memang sangat mengerti kebutuhan penggunanya yang menginginkan akses cepat dengan mode yang ringan.

Baca juga: Aplikasinya Sering Error, Instagram Minta Maaf di Twitter

Instagram berharap dengan diluncurkannya versi ringan ini dapat banyak membantu banyak penggunanya yang berada di negara atau lokasi dengan koneksi internet yang terbatas, atau konsumen dengan smartphone kemungkinan besar berbasis Android dan berspesifikasi low end.

Aplikasi ini memang sangat ringan untuk penyimpanan internal. Total hanya butuh 2 MB kapasitas penyimpanan di ponsel ketimbang versi aslinya yang membutuhkan ruang sebesar 34 MB.

Peluncuran Instagram yang juga merupakan anak perusahaan Facebook ini mengambil momen bulan Ramadan 2021 dan tema Bulan Kebaikan yang diangkat Facebook dan keluarga aplikasinya.

Baca juga: Data Pribadi 533 Juta Pengguna Facebook Dilaporkan Bocor, Termasuk Nomor HP Mark Zuckerberg

"Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye #MonthofGood, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi para pengguna menjadi pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang-orang tercinta yang terhubung secara virtual," kata pimpinan Facebook untuk Indonesia, Peter Lydian, dalam siaran pers, Senin (19/4/2021).

Sementara untuk Facebook, jejaring media sosial rintisan Mark Zuckerberg telah resmi merilis Instagram Lite untuk Android pada awal Maret lalu. Dalam peluncurannya, Facebook sengaja menyasar pasar negara berkembang dan ada 170 negara yang disasar.

Facebook membuang ornamen animasi serta fitur-fitur yang banyak 'makan' data. Pengembang Instagram juga tak memasukkan transisi kubik, filter AR, namun masih menyisakan GIF dan stiker-stiker yang bisa digunakan untuk Story.

Instagram Lite memiliki beragam fitur lainnya yang versi dasar. Pada versi ini terdapat fitur dasar seputar pengeditan foto, berbagi, serta melihat foto dan video.

Termasuk kemampuan menambahkan stiker, membuat dan melihat Cerita, IGTV, serta algoritma penemuan dan rekomendasi Jelajahi yang merekomendasikan postingan sesuai minat pengguna Instagram.

Meski terbilang baru, Instagram Lite telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas