Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Grab Singapura Uji Coba Layanan Pesan Makanan Menggunakan Robot

Robot layanan antar ini akan membantu pesanan resto yang bermitra dengan grab di beberapa restoran di dalam mal

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Grab Singapura Uji Coba Layanan Pesan Makanan Menggunakan Robot
dok Grab Singapore
Grab Robot Runner 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Super App Grab Singapura bersama Lendlease melakukan inovasi autopilot untuk memudahkan pesanan makannan saat di restoran.

Layanan pilot ini diberi nama robot runner dan diuji coba di Paya Lebar Quarter (PLQ) Mall, mulai minggu kedua bulan Juni.

Robot layanan antar ini akan membantu pesanan resto yang bermitra dengan grab di beberapa restoran di dalam mal.

Cara kerjanya cukup simpel, sebelum menyerahkannya ke mitra pengiriman di titik pengumpulan pusat untuk pengiriman jarak jauh. Jadi, hal ini membantu merchant GrabFood saat menghadapi situasi pesanan yang banyak.

Melalui layanan pilot project ini, mitra pengiriman Grab diproyeksikan dapat menghemat waktu antara lima hingga lima belas menit dari waktu yang biasa dibutuhkan dalam melayani pesanan. Sejak Grab memperkenalkan fitur mix-and-match ke beberapa mal di Singapura tahun lalu, fitur ini semakin populer di kalangan konsumen karena mereka dapat memesan dari berbagai restoran di dalam mal dan hanya membayar satu biaya pengiriman.

Baca juga: Manufaktur Indonesia akan Mampu Capai Produktivitas yang Lebih Tinggi Menggunakan Robot Kolaboratif

Percontohan ini dinilai sangat bagus untuk meningkatkan pengalaman pengiriman dengan mengurangi waktu pengiriman secara keseluruhan, dan berpotensi memungkinkan mitra pengiriman untuk memenuhi lebih banyak pesanan per hari.

BERITA REKOMENDASI

“Lendlease bangga bermitra dengan Grab dalam proyek percontohan yang menggunakan teknologi untuk memfasilitasi layanan pesan-antar makanan yang lebih aman dan lebih cepat. Dengan lokasi sentral bagi pengendara Grab untuk mengambil pesanan dan penggunaan teknologi untuk mengelola alur kerja logistik, kami akan dapat meminimalkan kontak antar-orang dan melakukan bagian kami untuk menjaga kesejahteraan pengendara, penyewa, dan pelanggan,” kata Audrey Balakrishnan, Manajer Umum, Paya Lebar Quarter dilansir dari laman resmi Grab.

Hal senada juga disampaikan Managing Director Grab Singapore Yee Wee Tang. Yee berpendapat teknologi Robot Runner ini akan menunjang operasional restroan di dalam Mall.

Berkat teknologi ini, diharapkan mitra Grab aman mencapai solusi untuk bisnis dan kolaborasi teknologi yang baik.

“Sebagai platform teknologi yang melayani konsumen, pedagang, dan pengendara pengiriman, kami terus mencari solusi inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengiriman secara keseluruhan untuk semua pihak.

Baca juga: Grabfood Kenalkan Lagi Fitur Pesanan Berjadwal, Hindari Kelamaan Mengantre di Jam Sibuk

Saya bersyukur bahwa Lendlease berbagi rasa lapar yang sama untuk membuat terobosan baru melalui teknologi yang mendalam dan sangat mendukung uji coba ini. Saya yakin ini akan memberi kami pembelajaran yang baik untuk iterasi di masa mendatang dan kami berharap dapat memiliki lebih banyak mitra yang bereksperimen dan mencoba solusi baru bersama kami, ”kata Yee Wee Tang, Managing Director Grab Singapore.

Grab Robot Runner dirancang dalam kemitraan dengan Techmetics Robotics yang berspesialisasi dalam merancang berbagai robot seluler otonomus. Robot rancangan Grab ini memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungannya melalui kecerdasan buatan (AI) dan mengoptimalkannya untuk efisiensi maksimum.

Robot ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sensor Light Detection and Ranging (LIDAR) built-in untuk mendeteksi rintangan yang masuk. Bahkan notifikasi pesan suara otomatis akan memberi tahu pembeli tentang keberadaannya dan kemampuan untuk memindai dan memantau jarak terdekatnya secara real-time ke hindari rintangan mendadak dan mencegah insiden tabrakan.

Karena kebersihan sangat penting bagi Grab dan konsumen kami, gerobak makanan pada pelari robot akan dilengkapi dengan kunci kombinasi. Kombinasi tersebut akan diberikan hanya kepada merchant yang berpartisipasi dan staf Grab yang berjaga di lokasi pengambilan, untuk mencegah gangguan oleh orang yang lewat.

Selama fase uji coba, robot runner ini berpotensi melayani hingga 35 merchant GrabFood dan GrabMart di basement dua PLQ Mall dan mengangkut sekitar lebih dari 250 pesanan per hari.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas