Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Mengenal Teknologi 5G dan Keuntungan Penggunaan Jaringan

Penyedia layanan jaringan seluler Telkomsel, memperluas ekosistem digital dengan memperkuat kapabilitas digital melalui penerapan 5G di Indonesia.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
zoom-in Mengenal Teknologi 5G dan Keuntungan Penggunaan Jaringan
IEE Innovation at Work
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyedia layanan jaringan seluler Telkomsel, memperluas ekosistem digital dengan memperkuat kapabilitas digital melalui penerapan 5G di Indonesia.

Melalui perluasan jaringan 5G ini, tentunya dapat meningkatkan pengalaman pengguna jaringan internet, mengubah industri dan memberikan kemajuan terhadap digitalisasi.

Lantas apa itu 5G yang saat ini sedang menjadi perbincangan di dunia digital ?

Jaringan 5G sendiri, merupakan sebuah teknologi generasi kelima yang dirancang untuk meningkatkan kualitas kecepatan jaringan seluler.

Baca juga: Jaringan 5G Jadi Kado Spesial Bagi HUT Telkomsel Ke-26

Teknologi 5G juga disebut dapat mengurangi latensi pada koneksi jaringan internet dan dapat meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel.

Mengutip dari laman situs Cisco pada Selasa (26/5/2021), teknologi 5G juga dapat menyederhanakan mobilitas para pengguna jaringan internet dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas untuk akses seluler dan Wi-Fi.

Baca juga: Tak Lagi Gratis, Google Photos Pasang Tarif untuk Penyimpanan Foto Lebih dari 15GB Mulai 1 Juni

BERITA TERKAIT

Cara kerja teknologi 5G juga disebut dapat memberikan keuntungan bagi dunia industri, contohnya pada industri otomotif 5G dapat dikombinasikan dengan algoritma yang digerakan ole ML dan memberikan informasi terkait lalu lintas.

Kemudian 5G juga dapat membuat produk otomotif kendaraan roda empat menjadi lebih canggih, pasalnya saat ini sudah banyak produsen otomotif yang menggunakan internet pada fitur kendaraan roda empat.

Tidak hanya itu saja kemampuan internet 5G juga disebut berkecepatan 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G, mampu memberikan layanan streaming film dan video tanpa nge-lag dan berkualitas tinggi, cloud gaming dengan latensi rendah, ketersediaan dan kapasitas data besar, kualitas video call lebih lancar dan jernih, terhubung dengan berbagai perangkat ioT, virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) serta Kecepatan download tinggi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas