Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bikin Foto Produk Jualan Ciamik Bemodalkan Smartphone? Begini Triknya!

Menghasilkan foto produk yang maksimal ternyata bisa memanfaatkan kamera smartphone milikmu saja lho!

Bikin Foto Produk Jualan Ciamik Bemodalkan Smartphone? Begini Triknya!
iStock
Ilustrasi foto produk dengan ponsel. 

TRIBUNNEWS.COM – Memajang foto produk yang ciamik jadi hal penting agar para calon pelanggan tertarik dengan produk yang kamu jual. Terlebih, hanya bermodal foto produk saja, kini kamu bisa lebih menjangkau calon pelanggan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Tak harus menggunakan kamera professional seperti SLR, Mirrorless ataupun DSLR, menghasilkan foto produk yang maksimal ternyata bisa memanfaatkan kamera smartphone milikmu saja lho!

Maka dari itu, berikut tips mendapatkan hasil foto ciamik bermodalkan smartphone agar etalase toko online milikmu makin keliatan cantik, plus bikin kamu makin cuan!

Cari background yang catchy

Latar belakang yang catchy akan sangatlah berpengaruh karena membuat hasil foto jadi berkualitas.

Untuk menonjolkan sisi detail dan memberikan kesan cerah dari produk, kamu bisa menggunakan warna background yang netral seperti warna putih, atau bisa juga sesuaikan warna produk dengan warna lain.

Misalnya jika produk milikmu identik dengan warna kuning, ambilah foto dengan background berwarna gelap seperti cokelat atau hitam. Tak kalah penting, perhatikan juga warna background jangan sampai mendapat porsi lebih dibandingkan warna produk yang kamu ingin foto.

Peringatan! Jangan memilih warna background yang sama dengan warna produk yah, karena warna foto yang dihasilkan akan terkesan ‘mati’. Jadi big no no.

Pencahayaan yang cukup terang

Pencahayaan yang baik menjadi salah satu faktor utama menciptakan hasil foto yang baik. Karena kamera pada smartphone tidak se-sensitif kamera digital, maka kamu harus memastikan bahwa cahaya saat pengambilan foto produkmu sudah cukup terang.

Cobalah untuk memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari melalui celah pintu atau jendela yang terbuka. Kemudian, atur sedemikian mungkin agar produk yang akan dipotret berada tepat di tepi jendela. 

Lakukan pengambilan gambar pada jam-jam sinar matahari tidak terlalu tajam, seperti pada pukul 7-9 pagi atau pada pukul 4-5 sore.

Selain memanfaatkan sinar matahari langsung, jika ingin mengambil foto di dalam ruangan kamu bisa menggunakan pencahayaan tambahan seperti cahaya dari lampu meja belajar.

Tentukan tema untuk hasil yang relevan

Menentukan tema foto produk bisa membantumu menghasilkan foto yang lebih optimal. Maka dari itu, tentukan tema terlebih dahulu sebelum pengambilan gambar kamu lakukan ya!

Misalnya jika produk jualan milikmu adalah cemilan, maka kamu dapat membuat tema Tea Time atau Coffee Time dengan set latar belakang meja kayu atau di atas selembar karpet alas piknik.

Manfaatkan fitur edit untuk mempercantik hasil foto

Mengedit foto produk dengan menggunakan aplikasi pendukung dapat menjadi cara untuk mempercantik hasil foto. Manfaatkan fitur ini untuk memperkuat kesan foto, bukan untuk menghias apalagi memanipulasi hasil yang sesungguhnya.

Namun, pastikan jangan lakukan pengeditan foto secara berlebihan ya! Penggunaan filter atau mengedit terlalu berlebihan hanya akan membuat produkmu terlihat palsu, sehingga menjadi boomerang jika pembeli melempar komentar yang tidak diinginkan akibat wujud produk berbeda jauh dengan foto yang terpajang di media sosial online shop kamu.

Bukan menambah cuan, hal ini malah membuatmu dapat omelan. Ga mau kan?

Kenali kamera smartphone-mu untuk hasil maksimal

Smartphone yang beredar saat ini pada umumnya telah dibekali dengan resolusi di atas 5 MP, yang berarti sudah bisa menghasilkan gambar yang cukup baik. Salah satu smartphone dengan kamera multifungsi terbaik untuk kebutuhan foto dan video yang bisa digunakan ialah iPhone 12 Series.

Selain bermodalkan kamera 12 MP, iPhone 12 Series juga dibekali lensa wide dan ultra wide, serta mendapatkan peningkatan menangkap cahaya lebih banyak 24% dibandingkan iPhone versi sebelumnya. 

Peningkatan ini otomatis menjadikan iPhone 12 Series mampu memberikan hasil foto atau video berkualitas terbaik dan konsisten pada fitur night mode.

Tidak cuma itu aja! iPhone versi teratas dari Apple ini juga memiliki light detection and range atau sensor LIDAR yang berguna mengukur jarak berapa lama waktu yang dibutuhkan cahaya untuk kembali ke sensor.

Pastinya, semua fitur yang terdapat pada ponsel pintar satu ini akan sangat membantu kamu mengasilkan sebuah foto ataupun video yang tak kalah ciamik daripada kamera profesional.

Nah, kesempatan baik bagimu karena sekarang iBox Indonesia tengah mengadakan event iBoxing Week online!

Event tersebut bisa jadi kesempatanmu untuk bisa membawa pulang iPhone 12 Series dengan harga terbaik.

Nantinya akan ada penawaran terbaik dan harga hemat hingga 3,2 juta rupiah untuk berbagai produk Apple favoritmu.

Kamu juga bisa mengikuti berbagai activity online yang menarik dan menikmati berbagai promo produk-produk Apple di event dari Erajaya lho. Ayo temukan dan dapatkan produk Apple impianmu di www.ibox.co.id sekarang!

Ikuti kami di
Admin: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas