Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Teknologi 5G

Lanjutkan Komitmen, Telkomsel Luncurkan 5G di Tiga Kota Secara Serentak

Telkomsel melanjutkan komitmennya menghadirkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Solo.

Lanjutkan Komitmen, Telkomsel Luncurkan 5G di Tiga Kota Secara Serentak
ist
Telkomsel Resmi Gelar Kick Off 5G di Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai meluncurkan jaringan 5G di Jakarta pekan lalu, Telkomsel melanjutkan komitmennya menghadirkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Solo.

Dari kota Solo, Telkomsel secara serentak meluncurkan jaringan generasi kelima itu di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan, Kamis (3/6/2021).

Disaksikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, Telkomsel membuktikan bahwa jaringan 5G terus diperluas secara bertahap.

Baca juga: Tembus Dua Digit, Ini Harga Oppo Find X3 Pro 5G di Indonesia

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, mengatakan hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini adalah wujud dan upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur.

Kedepannya diharapkan dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat yang lebih baik dengan hadirnya 5G.

Baca juga: Kominfo Terus Dorong Operator Lain untuk Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia

"Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G dengan dukungan jaringan yang andal. Serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak," ungkap Hendri dalam keterangan persnya.

Di fase awal layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Rencananya, akan ada Sembilan Kota yang menjadi tahap awal untuk pengoperasian jaringan 5G di Indonesia.

Untuk di kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara di Solo atau Surakarta, cakupannya meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Terakhir, di kota Balikpapan jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Sebagai informasi, perangkat ponsel yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz.

Beberapa ponsel yang sudah mendukung frekuensi itu di antaranya yaitu Huawei Mate 40, Oppo Reno5 5G, iPhone 12 Pro Max, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas