Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tidak Hanya Melengkapi Jaringan Seluler, 5G Dapat Optimalkan Perangkat IoT

Hadirnya jaringan 5G memungkinkan optimalisasi perangkat Internet of Things (IoT) agar memudahkan masyarakat saling terhubung dengan teknologi

Tidak Hanya Melengkapi Jaringan Seluler, 5G Dapat Optimalkan Perangkat IoT
freepik
ilustrasi jaringan 5G 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seiring berkembangnya teknologi, sejumlah negara pun saat ini telah mengadopsi layanan jaringan internet generasi kelima yaitu 5G.

Kehadiran jaringan 5G ini, tentunya telah diantisipasi oleh para produsen smartphone dengan melengkapi komponen yang dapat mendukung jaringan internet generasi kelima tersebut.

Teknologi 5G bukan hanya sekedar melengkapi jaringan seluler yang ada agar lebih cepat dalam mentransmisikan data melainkan juga untuk memberikan dampak besar untuk masyarakat.

Hadirnya jaringan 5G memungkinkan optimalisasi perangkat Internet of Things (IoT) agar memudahkan masyarakat saling terhubung dengan teknologi.

Baca juga: Wehelpyou, Aplikasi yang Dirancang Jadi Orkestrator Layanan Antaran Digital

Beberapa waktu lalu operator seluler Telkomsel telah resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia, dan sudah dapat digunakan di beberapa wilayah.

Jaringan 5G memerlukan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk menggelar jaringan 5G atau jaringan Band N40 atau 2300 MHz.

Dengan mengandalkan frekuensi tersebut, nantinya masyarakat dapat mengunduh video berdurasi 2 jam hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Bisa dikatakan teknologi 5G akan menjadi game changer bagi Indonesia, dan tentunya ini akan berimbas pada produsen smartphone yang memiliki jaringan 5G.

Baca juga: HARGA Terbaru HP Samsung Bulan Juni 2021, Galaxy M62 hingga Galaxy A32 5G

Salah satu produsen smartphone Oppo telah menyediakan rangkain produk yang mendukung jaringan Band N40 atau 2.300 MHz. Tidak hanya Oppo, bahkan Samsung, Xiaomi, Vivo dan produsen smartphone lainnya pun sudah menyiapkan hal tersebut.

Produsen smartphone juga telah mulai menghadirkan produk middle-range yang sudah mendukung jaringan 5G, hal ini tentunya dapat memudahkan masyarakat untuk bisa menikmati jaringan tersebut dan tidak menutup kemungkinan smartphone entry-level juga nantinya dapat dilengkapi teknologi 5G.

Saat ini belum terlihat perubahan adanya 5G di Indonesia, dan saat ini diketahui masih satu operator yang meluncurkan 5G di Indonesia. Kemungkinan apabila semua operator di Indonesia sudah siap dengan 5G, tentu akan terlihat perbedaan yang signifikan dari penggunaannya.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas