Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Apple Rilis IOS 15, FaceTime Bisa Diakses dari Android dan Windows

Aplikasi FaceTime juga semakin multifungsi karena mendukung fitur layanan tambahan lainnya seperti Disney+, Hulu, HBO Max, dan Twitch.

Apple Rilis IOS 15, FaceTime Bisa Diakses dari Android dan Windows
IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Apple baru saja meluncurkan pembaruan sistem operasi untuk ponsel iPhone yakni iOS 15 dalam event tahunan Apple World Wide Developers Conference 2021.

Salah satu pengumuman menarik dari event WWDC 2021 adalah 'kehadiran' FaceTime' di Android dan Windows. Meski FaceTime untuk Android dan Windows bukan berupa aplikasi, pengguna bisa mengakses 'ruangan' di FaceTime untuk melakukan video call dengan bersama dengan pengguna lain melalui browser.

Untuk mengakses layanan konferensi dari FaceTime, pengguna FaceTime di iOS dan Mac harus membagikan link join kepada pengguna ponsel Android dan Windows. Fitur ini seperti Zoom yang memungkinkan penggunanya bisa menggunakan layanan konferensi tanpa mendownload aplikasinya.

Apple tak mengungkap detail mengenai tanggal peluncuran fitur ini, namun kemungkinan fiturnya akan dihadirkan bersamaan dengan pembaruan iOS 15 pada beberapa bulan mendatang atau tepatnya di pengujung musim gugur nanti, demikian laporan CNBC International, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Negara-negara G7 Kompak Akan Pajaki Google, Apple dan Amazon

Terdapat fitur baru di FaceTime, antara lain adalah opsi grid view baru, fitur isolasi suara untuk meningkatkan kualitas suara, dukungan spatial audio, dan fitur untuk mem-blur background gambar dengan 'portrait mode'.

Baca juga: Daftar iPhone yang Dapat iOS 15 dan iPadOS 15, dari iPhone 6S hingga iPhone 12 Series

Selain itu juga ada juga fitur besar lain bernama SharePlay, yang membolehkan pengguna untuk mengajak teman-temannya di FaceTime untuk menonton video atau mendengarkan musi bersama.

Aplikasi FaceTime juga semakin multifungsi karena mendukung fitur layanan tambahan lainnya seperti Disney+, Hulu, HBO Max, dan Twitch.

Dua pembaruan ini diberikan Apple karena menonton bersama secara virtual mulai populer sejak pandemi. Melalui fitur itu diharapkan pengguna Apple menghindari kerumunan secara fisik dan berkumpul secara virtual melalui FaceTime.

Pembaruan lainnya di iOS 15 adalah Focus, Live Text, di mana sistem bisa mengenai teks yang ada dalam gambar. Terdapat fitur pencarian di Spotlight yang diperluas dan beberapa peningkatan besar di bermacam fitur yang sudah ada, seperti Weather, Maps, Photos, Health dan Messages.

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas