Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Begini Cara Melacak Sinyal Televisi Digital Lewat Ponsel

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan Analog Switch Off atau ASO pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Begini Cara Melacak Sinyal Televisi Digital Lewat Ponsel
dok.
Aplikasi Sinyal TV Digital di ponsel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan Analog Switch Off atau ASO pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Sebagai langkah untuk migrasi ke siaran digital, rupanya ada cara untuk mengecek sinyal TV Digital di berbagai daerah. Melalui sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kominfo, kita dapat mengetahui jangkauan siaran tv digital sesuai daerah masing-masing.

Aplikasi ini bernama Sinyal TV Digital yang dapat diunduh di perangkat iOS maupun Android. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital yang berukuran 32.8 MB.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui sinyal saluran TV Digital di lokasi Anda:

Pertama, unduh aplikasi 'Sinyal TV Digital' di Google Play Store atau Apple Store. Setelah terpasang, buka aplikasi itu di smartphone Anda.

Baca juga: Perhatian, Siaran Televisi Analog Akan Resmi Dihentikan Mulai 17 Agustus 2021

Karena aplikasi ini membutuhkan perizinan lokasi, aplikasi ini akan meminta izin akses lokasi Anda, lalu pilih izinkan

Selanjutnya, tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi, di tempat Anda berada. Misal, bila Anda di Tangerang maka tampilan petanya akan memperlihatkan area tersebut dan sekitarnya.

Baca juga: ATVSI: Pemadaman Siaran Analog Harus Sesuai UU Cipta Kerja

Di bagian kiri bawah terdapat kolom Legend. Jika dibuka, kolom tersebut akan memberikan informasi di mana lokasi sinyal tv digital dengan keterangan kuat hingga lemah

Berdasarkan uji coba yang dilakukan Tribunnews.com, Rabu (8/6/2021), aplikasi ini masih ditemukan kendala terutama visual area penerimaan sinyal tv digital.

Baca juga: Siaran TV Analog Bakal Dihentikan, 5 Provinsi Ini Jadi yang Pertama

Tampilan peta kerap kali sulit direfresh  beberapa kali dicoba aplikasi menampilkan pemberitahuan yang tertulis 'Server has been down'. Butuh beberapa kali mencoba sampai akhirnya peta lokasi muncul.

Aplikasis yang dikembangkan PT Bangunindo Teknusa Jaya ini bisa mengetahui apakah di lokasi sudah memiliki layanan tv digital atau belum.

Terdapat juga peta lokasi multipleksing saluran televisi digital, yang digambarkan mirip seperti satelit pemancar yang biasa digunakan oleh penyedia siaran tv analog.

Selain itu terdapat informasi yang isinya menjelaskan frekuensi hingga ketinggian antena stasiun pemancar. Misal, informasi sinyal stasiun televisi TVRI yang berada pada frekuensi 40 dan memiliki ketinggian antena stasiun pemancar 626 MHz.

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas