Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Teknologi 5G

Smartfren-Realme Uji Coba Jaringan 5G, Seperti Apa Implementasinya?

Realme dan Smartfren sepakat menguji coba perangkatnya melalui jaringan 5G yang disediakan Smartfren.

Smartfren-Realme Uji Coba Jaringan 5G, Seperti Apa Implementasinya?
Tribunnews/Fandi Permana
Realme dan Smartfren sepakat menguji coba perangkatnya melalui jaringan 5G yang disediakan Smartfren. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator seluler Smartfren mempercepat upayanya menghadirkan jaringan 5G di Indonesia dengan menggandeng Realme untuk menyiapkan smartphone serta perangkat AIoT yang akan mendukung jaringan generasi kelima tersebut.

Realme dan Smartfren sepakat menguji coba perangkatnya melalui jaringan 5G yang disediakan Smartfren.

Selain menguji coba ponsel Realme dalam mengimplementasikan 5G, kerjasama ini juga untuk  mewujudkan ekosistem yang memberi dampak besar bagi masyarakat.

"Smartfren akan bekerja sama dengan Realme guna melakukan pengujian terhadap setiap produk 5G realme yang akan datang. Kami ingin mewujudkan ekosistem 5G yang memberikan dampak besar pada masyarakat dan industri, termasuk mewujudkan layanan 5G yang terjangkau bagi semua orang dengan jajaran perangkat realme," ungkap Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility, PT Smartfren Telecom Tbk dalam Realme 5G Summit, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Realme Segera Rilis Ponsel Paling 5G Termurah di Indonesia, Seperti Apa Fiturnya?

Smartfren sendiri merupakan salah satu operator pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz yang diselenggarakan oleh Ditjen SDPPI Kominfo. Atas hasil itu, operator milik Sinarmas Group ini memiliki tambahan 10MHz yang akan dimanfaatkan untuk menyiapkan jaringan 5G berikutnya.

Baca juga: Teknologi 5G Akan Bunuh Industri Game Konsol

Sukaca menjelaskan, uji coba akan dilakukan dalam waktu dekat di galeri cabang Smartfren dengan melibatkan perangkat Realme yang mendukung konektivitas 5G.

"Untuk uji coba masih dilakukan terbatas di Galeri Smartfren. Tentu ini sebagai awalan yang baik untuk pengembangan 5G ke depannya," tutur Sukaca.

Selain itu, kerja sama dengan Realme juga akan menghadirkan 150 store dengan 5G spots hingga akhir tahun ini, sehingga memungkinkan para pengguna smartphone menikmati langsung teknologi 5G seutuhnya.

Marketing Director Realme Indonesia, Palson  Yi menyambut baik kerja sama ini. Ia gembira karena dengan banyaknya official store Realme, ekosistem 5G di Indonesia akan makin berkembang dan mendukung satu sama lain.

Baca juga: Telkomsel Gandeng Schneider Electric Kembangkan 5G untuk Sektor Industri

“Dengan membangun lebih banyak official stores, serta bekerja erat dengan Smartfren, kami yakin ketika sudah saatnya 5G siap diterapkan secara komersial di Indonesia, pengguna dapat mencoba atau menguji teknologi ini di realme official store. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya realme agar ekosistem 5G di Indonesia semakin berkembang dan saling mendukung satu sama lain,” pungkas Palson.

Foto: Deputy CEO Mobility, PT Smartfren Telecom Tbk, Sukaca Purwokardjono dan Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi dalam gelaran Realme 5G Summit, Selasa (8/6/2021)/Realme Indonesia 

Ikuti kami di
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas