Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dukung BI-Fast, Smartgateway Tawarkan Solusi Sistem Pembayaran Ritel yang Lebih Cepat dan Praktis

Dengan adanya BI-Fast, nasabah juga dapat melakukan online transfer hanya dengan informasi nomor handphone atau alamat e-mail penerima

Dukung BI-Fast, Smartgateway Tawarkan Solusi Sistem Pembayaran Ritel yang Lebih Cepat dan Praktis
dok.
Ilustrasi BI-Fast 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Murni Solusindo Nusantara atau PT Murni menawarkan solusi Smartgateay untuk mendukung bank dan lembaga keuangan non-bank dalam mengimplementasikan BI Fast Payment atau BI-Fast.

BI-Fast merupakan bagian dari penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara real-time dan 24/7.

Dengan adanya BI-Fast, nasabah juga dapat melakukan online transfer hanya dengan informasi nomor handphone atau alamat e-mail penerima selain informasi nomor rekening seperti sistem yang berlaku saat ini.

Christian Liadinata, CEO PT Murni dalam keterangan tertulis, Kamis (16/6/2021) mengatakan, BI-Fast diharapkan dapat menjangkau dan digunakan oleh masyarakat seluas-luasnya melalui pemerataan kualitas layanan online transfer.

Baca juga: Samsung Galaxy M62 Bisa Buat Main Game 19 Jam Nonstop, Streaming Video Bisa Multiplatform

"Ini akan memberi manfaat yang sangat besar bagi pemerintah, masyarakat, bank, perusahaan fintech, perusahaan penyedia pembayaran digital, dan ekosistem ekonomi keuangan digital di Indonesia," katanya.

Baca juga: Review Realme 8 5G, Smartphone 5G Harga Paling Enteng di Kantong, Desain Paling Slim

Karena BI-Fast akan diimplementasikan di 2021, Bank sebagai peserta utama wajib mempersiapkan solusi dan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan secepatnya dikarenakan uji coba akan dijalankan di Oktober 2021.

Baca juga: Google Perkenalkan Fitur Baru, Ada Peringatan Gempa Bumi hingga Navigasi untuk Mobil Listrik

Sebagai penyedia SKNBI yang merupakan critical national payment system with very high availability yang berdampak sistemik, PT Murni memperkenalkan Smartgateway untuk mendukung kesiapan dan kelancaran implementasi BI-Fast bagi setiap peserta, baik Bank mau pun lembaga keuangan non-Bank lainnya.

Christian menyebutkan Smartgateway akan berperan sebagai aplikasi penghubung antara sistem di BI  dengan sistem yang dimiliki masing-masing peserta.

Penggunaan Smartgateway diklaim akan membuat implementasi BI-Fast menjadi lebih cepat, mudah, dan cost-effective dengan tidak diperlukannya modifikasi atau modifikasi yang seminimal mungkin dari sisi peserta.

Solusi ini juga dapat diintegrasikan dengan mudah ke sistem internal peserta sehingga akan lebih mempersingkat waktu dan proses implementasi BI-Fast.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas