Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Ada PPKM Darurat, Belanja Kebutuhan Sembako Bisa Lewat Whatsapp, Begini Caranya

Meski pasar tradisional tetap buka atau beroperasi, mobiltas masyarakat tetap dibatasi dan dianjurkan tetap di rumah bila tak ada urusan mendesak.

Ada PPKM Darurat, Belanja Kebutuhan Sembako Bisa Lewat Whatsapp, Begini Caranya
TRIBUN JABAR /GANI KURNIAWAN
Pengunjung berbelanja di salah satu jongko sayuran di Pasar Kontemporer Sarijadi, di Jalan Sariasih, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah resmi memberlakukan PPKM Darurat mulai besok, Sabtu 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Meski pasar tradisional tetap buka atau beroperasi, mobiltas masyarakat tetap dibatasi dan sangat dianjurkan tetap di rumah bila tak ada urusan mendesak.

Untuk memenuhi kebutuhan dapur, sekarang Anda bisa berbelanja sayur lewat WhatsApp jika tak mau repot keluar rumah.

Belum lama ini, WhatsApp dan UKM Indonesia bekerja sama untuk menghadirkan direktori Pasar JuWAra. Ini adalah chatbot WhatsApp berbasis API yang mempermudah konsumen untuk berbelanja langsung dari pedagang pasar tradisional terdekat melalui WhatsApp.

"Program Pasar JuWArauntuk memastikan upaya digitalisasi UMKM tidak hanya berhenti di pelatihan WhatsApp Business dan pameran virtual saja," kata Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh dalam keterangannya, Kamis (1/6/2021).

Baca juga: WhatsApp Ancam Blokir Pengguna yang Kerap Login di Ponsel Berbeda

Ke depan, pihaknya akan mendaftarkan lebih banyak pedagang ke chatbot tersebut untuk terus menghubungkan para pedagang dengan jutaan konsumen di Indonesia melalui WhatsApp.

Baca juga: Selama PKM Darurat, Mal Harus Tutup, Restoran Hanya Boleh Layani Take Away

"Kami harap semakin banyak masyarakat dapat menggunakan chatbot ini untuk berbelanja di kios pasar tradisional favorit mereka melalui WhatsApp," kata Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh dalam keterangannya, Kamis (1/6/2021).

Baca juga: Kini Konten Kreator dan Influencer Bisa Dapat Penghasilan Tambahan dari Instagram dan Facebook

Program Pasar JuWAra telah hadir sejak April lalu. Saat ini, terdapat 1.130 pedagang dari 66 pasar di 25 kota Indonesia telah menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp.

Berbelanja sayur dan kebutuhan pokok dari pasar tradisional melalui WhatsApp, caranya sangat mudah layaknya mengirim pesan kepada sahabat.

Halaman
12
Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas