Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Menangani Jumlah Dokumen Kertas Secara Efisien dan Bebas Repot

Masih banyak perusahaan di industri tertentu yang masih banyak menggunakan dokumen cetak , misalnya perbankan, kesehatan, pemerintahan.

Editor: Content Writer
zoom-in Menangani Jumlah Dokumen Kertas Secara Efisien dan Bebas Repot
Istimewa
HP ScanJet Pro 2000s2. 

TRIBUNNEWS.COM - Saat ini kita melihat bahwa transformasi digital telah diadaptasi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan gencar, dan selama pandemi telah menghasilkan potensi ekonomi digital yang meningkat lebih dari US$124miliar pada tahun 2025.

Artinya perusahaan yang sekarang masih mengandalkan infrastruktur lama yang belum matang betul untuk transformasi digital harus bersiap untuk tertinggal atau ditinggalkan oleh mitra dan  konsumen mereka.

Bicara tentang transformasi digital, proses transformasi yang paling nyata dan mudah dilihat serta dievaluasi adalah bagaimana sebuah perusahaan memperlakukan kelayakan dokumen cetak mereka. Masih banyak perusahaan di industri tertentu yang masih banyak menggunakan dokumen cetak, misalnya perbankan, kesehatan, pemerintahan dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Mengapa dokumen cetak masih dibutuhkan? Hal ini dikarenakan masih banyak dokumen yang membutuhkan tanda tangan basah sebagai satu-satunya pengesahan, dan hal ini masih banyak kita temukan di Indonesia sebagai proses dokumentasi hukum.

Jadi tentu saja dokumen cetak tidak bisa ditinggalkan begitu saja, sebaliknya malah jumlahnya saat ini bisa dibilang semakin meningkat. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya performa suatu perusahaan, maka semakin banyak dokumen cetak yang dihasilkan dan dipergunakan sebagai bagian dari proses bisnis perusahaan tersebut.

Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah jika dibutuhkan proses approval atau persetujuan dari manajemen internal perusahaan atas suatu dokumen cetak, apakah ada cara yang lebih baik dalam menjalankan proses ini?

Apalagi ketika manajemen internal terdiri dari orang-orang yang saat ini mungkin sebagian bekerja dikantor dan sebagian lagi masih bekerja dirumah. Atau bahkan ada manajemen internal yang posisinya saat ini masih di luar negeri tanpa ada jadwal yang jelas kapan bisa berkunjung kembali ke kantornya di Indonesia. Apakah ada solusi yang baik dan efisien untuk proses ini?

BERITA TERKAIT

Pertama, Anda bisa melakukan scan dokumen penting anda menggunakan HP Scanjet For Business, sehingga dokumen cetak hardcopy dapat dikonversi menjadi dokumen digital berupa file PDF, bahkan sudah termasuk OCR (Optical Character Recognition) sehingga dokumen tersebut dapat menjadi dokumen teks digital yang dapat dilakukan pencarian kembali.

Dengan HP ScanJet Pro 2000s2, proses scanning dapat dilakukan dengan cepat hingga 35 halaman per menit, dan mampu melakukan scanning hingga 3500 dokumen per hari. Selain itu masih banyak tipe HP Scanjet lain yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan seperti ScanJet Pro 3000 s4, 2500 f1, 3500 f1, N4000 snw1, dan 4500 fn1 yang memberikan anda kebebasan untuk memonitor hasil progress scan dan preview sebelum di simpan.

Jadi, ketika dokumen sudah tampil di layar PC anda, bisa diperiksa, di-rotate, reordering, tambah atau hapus halaman bahkan sampai bisa mengganti exposure, tipe file dan destination. Bahkan halaman kosong bisa secara otomatis dihilangkan dari dokumen.

Yang kedua, khusus untuk bisnis yang memerlukan alur kerja lebih kompleks menggunakan piranti lunak khusus seperti Kofax Virtual ReScan (VRS) Pro integration, bisa menjadikan HP ScanJet Enterprise Flow 5000 s5, ScanJet Enterprise Flow 7000 s3 dan HP ScanJet Enterprise Flow 7500, ScanJet Enterprise Flow N9120 fn2 Doc. Scanner, dan HP Digital Sender 8500 fn2 yang memiliki feature HP Scan Premium sebagai rekomendasi atau pilihan utama. Kebanyakan HP Scanjet sudah termasuk driver ISIS, WIA, TWAIN, and SANE sehingga bisa terintegrasi dengan piranti lunak manajemen dokumen lainnya.

Tiba di bagian yang menarik, tersedia juga piranti lunak HP Web Jetadmin fleet management yang dapat membantu tim IT di perusahaan anda untuk melakukan konfigurasi, monitor dan troubleshoot scanner dan printer lainnya yang berada dalam jaringan yang sama.

Dengan demikian, tim IT anda dapat mengelola HP Scanjet mulai dari menciptakan profile scanning, troubleshoot, hingga melakukan update firmware, sehingga pengguna bisa menggunakan HP Scanjet tanpa kuatir ada kendala dalam melakukan proses scanning. 

Untuk kamu yang membutuhkan product scanner ini bisa cek langsung di sini.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas