Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Sistem Verifikasi Biometrik Percepat Transaksi Finansial di Aplikasi M-Syariah, Begini Cara Kerjanya

Sistem verifikasi biometrik ini diterapkan pada aplikasi M-Syariah yang dimiliki Bank Mega Syariah yang teknologinya diadopsi dari ASLI RI.  

Sistem Verifikasi Biometrik Percepat Transaksi Finansial di Aplikasi M-Syariah, Begini Cara Kerjanya
dok. ASLI RI
Teknologi verifikasi biometrik dari ASLI RI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem verifikasi biometrik atau biometric verification kini makin luas digunakan oleh industri perbankan dan jasa keuangan.

Karena, teknologi ini terbukti memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi finansial atau transaksi-transaksi tertentu dengan pihak bank dengan cepat, praktis dan tanpa perlu datang ke kantor cabang bank bersangkutan.

 “Calon nasabah nggak perlu lagi datang ke cabang, nggak perlu video call juga dan nggak perlu ngisi data pembukaan rekening yang panjang-panjang. Insya Allah kurang dari 5 menit langsung punya rekening
tabungan berkah digital iB,” ujar Slamet Riyadi, Operation & Transformation Director, Bank
Mega Syariah ketika disinggung tentang sistem verifikasi biometrik di banknya.

Sistem verifikasi biometrik ini diterapkan pada aplikasi M-Syariah yang dimiliki Bank Mega Syariah yang teknologinya diadopsi dari ASLI RI.  

PT Bank Mega Syariah saat ini memang resmi bekerjasama dengan ASLI RI dalam menggunakan
layanan Biometric Verification & Liveness Detection pada aplikasi M-Syariah untuk
otomatisasi proses verifikasi calon nasabah serta akuisisi nasabah tanpa hambatan, digital
dan tanpa tatap muka.

Baca juga: TikTok Berlakukan Kebijakan Baru di AS, Pengguna Wajib Ikuti Pendaftaran Secara Biometrik

M-Syariah sendiri merupakan aplikasi yang diciptakan dengan segala kemudahan transaksi finansial seperti pembukaan rekening secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang maupun
video call.

Baca juga: Hindari Kontak Langsung, Emirates Lakukan Pemeriksaan Biometrik

Pengguna juga dapat melakukan transfer, pembayaran, pembelian, serta membayar Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf melalui aplikasi M-Syariah.

Implementasi sistem Biometric Verification dari ASLI RI akan mempermudah proses verifikasi identitas nasabah baru sedangkan sistem Liveness Detection akan menggantikan proses Video Banking pada aplikasi M-Syariah.

Teknologi ASLI RI dinilai mumpuni untuk mendukung dan menyediakan keamanan serta kemudahan dalam proses bisnis pada Bank Mega Syariah. Pengguna hanya perlu melakukan foto selfie, foto eKTP dan melakukan liveness detection untuk dapat melakukan proses onboarding.

“Selain canggih, algoritma sistem Biometric Verification kami telah mendapat sertifikasi dari The National Institute of Sandar Technology (NIST) yang berasal dari US karena sangat akurat sehingga dapat memverifikasi wajah orang yang menggunakan masker sekalipun," ujar Rionald A Soerjanto, COO ASLI RI, Jumat (2/7/2021).

Dia mengatakan, sistem Liveness Detection dari ASLI RI juga dilengkapi dengan fitur tes Liveness Aktif dan Pasif. "Dengan demikian kemungkinan adanya pemalsuan identitas akan sangat kecil,” ujar Rionald.

Rionald menambahkan bahwa di era digital seperti sekarang ini, sangat mustahil jika industri tidak mengimplementasi kedua sistem pengaman tersebut. Karena dengan demikian, bisa dipastikan manajemen risiko tidak dijalankan dengan baik.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas