Tribun Techno

Virus Corona

Pantau Penyekatan Jalan Saat PPKM Darurat Bisa Melalui Google Maps, Begini Caranya

sebelum bepergian ada baiknya kita mengecek jalan mana saja yang terkena penyekatan melalui Google Maps.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Pantau Penyekatan Jalan Saat PPKM Darurat Bisa Melalui Google Maps, Begini Caranya
ist
sebelum bepergian ada baiknya kita mengecek jalan mana saja yang terkena penyekatan melalui Google Maps. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksanaan PPKM Darurat membuat sejumlah ruas jalan mengalami penyekatan untuk mengurangi mobilitas.

Seperti yang terjadi di sejumlah ruas di Jakarta dan sekitarnya yang menerapkan PPKM Darurat Jawa-Bali.
Akibatnya, banyak pengendara atau pekerja yang melintas terjebak kemacetan akibat ditutupnya akses jalan.

Baca juga: Ada PPKM Darurat, Menteri Sandi Percepat Pendistribusian Dana Hibah Pariwisata

Tentu, hal ini sedikit menghambat perjalanan apabila sedang melakukan hal mendesak yang mengharuskan kita ke luar rumah. Untuk itu, sebelum bepergian ada baiknya kita mengecek jalan mana saja yang terkena penyekatan melalui Google Maps.

Fitur Google Maps sendiri bisa mendeteksi akses jalan mana saja yang ditutup melalui trik yang sangat mudah. Cukup buka aplikasi Google Maps, lalu aktifkan fitur Layers dengan klik di sebelah kanan layar.

Baca juga: 6 Tempat Pelanggar PPKM Darurat di Jakarta Akan Dibawa Ke Meja Hijau

Terakhir, pilih opsi Traffic di Maps Details. Opsi ini akan memvisualkan secara detail akses jalan mana saja yang ditutup. Setelah diaktifkan akan langsung muncul simbol khusus berupa lingkaran warna merah untuk menunjukkan jalan mana saja yang telah disekat di Google Maps.

Sebagai contoh, jalur di Jalan Bintaro Sektor 3A yang berada di perbatasan Tangsel dan Jakarta Selatan ini misalnya. Titik tersebut bergaris merah yang artinta akses jalan itu disekat untuk menghentikan laju mobilitas pengendara.

Baca juga: 14 Tempat Usaha dan Satu Kantor di Jakarta Timur Ditutup Sementara Karena Langgar PPKM Darurat 

Fitur traffic atau lalu lintas ini sebenarnya bukan hal yang baru di Google Maps. Seperti pada saat masa mudik, banyak titik-titik kepadatan kendaraan yang dilaporkan Google Maps untuk memudahkan pengendara mencari alternatif jalur lain.

Meski demikian, laporan lalu lintas yang disekat bersifat situasional yang artinya tidak sepanjang waktu ditampilkan karena menurut website Google hanya tersedia selama krisis.

Laporan penyekatan di Google Maps didapatkan melalui user sendiri. Pengguna Google Maps bisa berkontribusi melaporkan update situasi lalu lintas kapan saja seperti penutupan jalan, longsor, kecelakaan, dan pengalihan arus lalu lintas.

Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas