Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Sains Data, Kini Jadi Jurusan Kuliah Paling Dicari

Data science merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sains Data, Kini Jadi Jurusan Kuliah Paling Dicari
IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sains data (data science) merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data.

Ilmu sains data di era digital dan big data saat ini cukup penting. Karena data menyediakan informasi yang dapat menentukan keputusan penting dalam berbagai sektor industri.

Jurusan Sains Data, satu di antaranya ada di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang sudah terakreditasi. Di jurusan ini, senantiasa mengedepankan inovasi teknologi untuk menjawab tantangan masa depan.




Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM), Dr Dwiza Riana mengatakan, hadirnya jurusan Sains Data untuk melengkapi ilmu pengetahuan di bidang teknologi. Adanya jurusan Sains Data menjadi pemenuhan kebutuhan di dunia industri.

Baca juga: Sektor Industri Butuh Banyak Talenta AI dan Data Science, Lulusan Kampus Belum Mencukupi

“Ilmu bidang sains data mempelajari tentang data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Sains data bersifat multidisipliner dimana punya peran sangat penting dalam kemampuannya mengubah masa depan," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Era Big Data, UMKM Perlu Dapatkan Pendampingan Data Science

Dengan demikian, lulusan Sains Data lulusannya banyak dicari dan diincar perusahaan dalam juga luar negeri.

Dr Dwiza menuturkan, ilmu Sains Data bisa diterapkan di bidang kesehatan, pemerintahan, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran dan masih banyak lagi.

BERITA TERKAIT

“Begitu pentingnya ilmu Sains Data sehingga mampu membantu membuat keputusan terbaik pada perusahaan. Dengan semakin akurat analisis data yang dihasilkan maka keputusan akan semakin baik diperoleh, karena itu akan semakin besar pula profit perusahaan yang akan didapat,” tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas