Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pelatihan Pembuatan Konten Tiktok, Content Creator Berbagi Tips Menarik

Jangan pernah syuting setengah-setengah. Kebanyakan orang bikin konten itu main-main, setengah-setengah

Pelatihan Pembuatan Konten Tiktok, Content Creator Berbagi Tips Menarik
HandOut/Istimewa
Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bambang Gunawan. 

Reynas Abdila/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI memanfaatkan aplikasi yang tengah digandrungi di media sosial, yaitu TikTok untuk menghadirkan konten-konten positif.

Sejumlah Tiktokers yang menjadi content creator dihadirkan dalam sebuah pelatihan untuk memberikan sejumlah tips agar konten yang dihasilkan bisa bernilai positif.

Disebutkan, Kominfo mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan konten TikTok yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi-produksi konten kreatif masyarakat.

“Pemanfaatan aplikasi media sosial sebagai bagian dari komunikasi publik, diharapkan masyarakat turut aktif menghadirkan konten-konten positif guna menangkis konten negatif dan hoaks,” ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Bambang Gunawan di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: VIRAL di Tiktok Aksi Lucu Bocah asal Bandung, Sebut Ayah Tak Punya Rambut, Begini Kisah di Baliknya

Gunawan menambahkan, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama menjaga ruang digital agar tetap bersih dan konten-konten negatif.

TikTok dipilih karena menjadi salah satu platform medsos yang paling digemari.

“Indonesia merupakan pengguna TikTok terbesar ke - 4 di dunia. Aplikasi TikTok memberikan kemudahan bagi content creator memberikan pesan dan berkreasi lewat video singkat,” ujar Gunawan.

Content Creator TikTok Marinanda Azahra Muhibah berbagi tips dalam membuat konten TikTok yang kreatif.

Baca juga: Pengunduh TikTok Capai 3 Miliar Unduhan

Menurutnya, TikTokers (sebutan untuk pengguna TikTok) harus membuat konten yang bernilai positif, bermanfaat dan memberikan motivasi bagi penontonnya.

Membuat konten yang viral tidak harus konten negatif.

“Justru jadi content creator itu akan lebih memuaskan jika mendapatkan komentar yang positif dari netizen, Manfaat TikTok buat masyarakat, selain menghibur juga bisa menjadi sumber pengetahuan,” ujarnya.

TikTokers lainnya Meth Junior Muhammad juga memberikan tips bagi yang hendak membuat konten di TikTok, dilakukan secara serius dan dengan konsep yang matang.

“Jangan pernah syuting setengah-setengah. Kebanyakan orang bikin konten itu main-main, setengah-setengah. Padahal bisa diseriusi banget untuk bikin konten TikTok, anggap aja syuting profesional. Shoot with your best mood. Nah lalu edit dengan maksimal, pasang sound, diedit dengan benar supaya enak ditonton,” terangnya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas