Tribun Techno

100 Juta Orang Dewasa Indonesia Nonton Video di YouTube Setiap Bulannya,  Apa Paling Disukai?

Sejumlah kategori video di YouTube mengalami kenaikan jumlah penonton yang signifikan dihitung berdasarkan waktu tontonnya.

Penulis: Choirul Arifin
100 Juta Orang Dewasa Indonesia Nonton Video di YouTube Setiap Bulannya,  Apa Paling Disukai?
dok.
Salah satu keunggulan YouTube saat ini adalah memiliki beragam offering konten untuk segala segmen usia, termasuk anak-anak dan remaja. 

TRIBUNNEWS.CO, JAKARTA - Penonton tayangan video di platform YouTube saat ini terus bertambah di Indonesia. Dalam laporan terbarunya yang dipublikasikan hari ini, Kamis (14/10/2021), YouTube menyatakan, beragam tayangan video di platformnya ditonton oleh 100 juta lebih orang dewasa di Indonesia setiap bulannya.

Data itu diungkap berdasarkan survei yang dilakukan oleh ComScore VMX.

Yang menarik, sejumlah kategori video mengalami kenaikan jumlah penonton yang signifikan dihitung berdasarkan waktu tontonnya.

"Video-video yang melonjak waktu tontonnya saat ini adalah video komedi, memasak, game, pariwisata, tutorial, dan drama," ungkap Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing di Google Indonesia di acara Brandcast Delivered 2021, sebuah acara marketing tahunan yang diselenggarakan YouTube, hari ini, Kamis (14/10/2021).

"Lebih dari 100 juta penonton unik berusia di atas 18 tahun di Indonesia menonton video di YouTube setiap bulannya. Jumlah ini naik 30 persen dari tahun kemarin," ungkap Yolanda.

Baca juga: Mendulang Cuan dari YouTube, Intip Triknya, Cari Tahu Semua di Buku Ini

Sebagian besar pertumbuhan ini datang dari kota-kota di tier 2 dan 3 dengan waktu tonton mencapai 4,3 jam per hari.

Di Indonesia, sejak kuartal I 2020 hingga kuartal II 2021, waktu tonton video drama, keuangan, dan perawatan kulit secara keseluruhan naik lebih dari dua kali lipat.

Baca juga: Facebook Coba Singkirkan Konten Berbahaya dari Pengguna Remaja

Waktu tonton video makanan naik 40 persen dalam periode satu tahun yang sama dan waktu tonton video tentang game RPG naik 70 persen.

Sementara itu, waktu tonton untuk video perawatan kulit pria naik dua kali lipat dalam periode satu tahun yang sama.

Baca juga: Ribuan Data Nasabah Bocor di Telegram, Polisi Tangkap Dua Pelaku Transaksi Ilegal dengan Home Credit

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia mengatakan, YouTube adalah platform yang bagus untuk belajar.

"Kenaikan waktu tonton hingga 100% untuk video terkait keuangan menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mempelajari kemampuan baru selama pandemi,” ujarnya.

Dia menambahkan, studi yang dilakukan pada Juni 2021 menyoroti hal ini dan menunjukkan bahwa ada semakin banyak Gen-Z yang semakin melek dengan literasi keuangan, seperti belajar investasi dan pengelolaan keuangan.

Untuk kategori makanan, pada masa pandemi masyarakat Indonesia suka menonton video mukbang populer. Namun, mereka juga belajar cara membuat resep masakan baru.

Di kategori drama, drama Korea jadi semakin populer, tetapi begitu juga dengan channel-channel dari Indonesia seperti Layar Drama Indonesia di RCTI.

Penulis: Choirul Arifin

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas