Tribun Techno

YouTube Mencatat Kenaikan Penonton Sebesar 30 Persen di 2021

YouTube mencatat adanya peningkatan penonton sebanyak 30 persen. Jumlah ini didapatkan melalui hasil survei

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
YouTube Mencatat Kenaikan Penonton Sebesar 30 Persen di 2021
freepik.com
Logo YouTube. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - YouTube mencatat adanya peningkatan penonton sebanyak 30 persen. Jumlah ini didapatkan melalui hasil survei yang dilakukan ComScore VMX.

Dari hasil survei tersebut, ditemukan bahwa lebih dari 100 juta penonton unik berusia di atas 18 tahun di Indonesia menonton YouTube setiap bulannya.

Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra mengatakan, tahun ini YouTube telah menjangkau lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas.

Baca juga: Google Siapkan 50 Juta Dolar AS untuk Investasi di Perusahaan Startup Afrika

"Hal tersebut menjadi suatu peningkatan di mana tahun lalu kita mencatat jumlah penonton sekitar 90 juta orang," ucap Yolanda dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Ia juga menyebutkan, ada beberapa kategori video yang mengalami peningkatan jumlah penonton diantaranya berkategori drama, keuangan dan perawatan kulit yang naik hingga dua kali lipat.

"Kita melihat, saat ini YouTube menjadi sumber inspirasi, empowerment dan juga kebahagian bagi banyak orang di Indonesia. Terlebih lagi, tahun ini masih harus stay at home karena pandemi," kata Yolanda.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Kick Off Piala Presiden Esports 2021, Live YouTube IESPL dan NET TV

Yolanda juga menjelaskan, bahwa tren watch time yang bertumbuh pada penonton YouTube. Salah satunya video kategori skincare, tumbuh dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Kemudian, video makanan juga mengalami kenaikan sebesar 40 persen adalah hal watch time. Selain itu, video game RPG juga naik 70 persen," kata Yolanda.

Baca juga: Facebook Coba Singkirkan Konten Berbahaya dari Pengguna Remaja

Sementara itu menurut Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf menyebutkan, bahwa YouTube saat ini menjadi platform yang bagus untuk belajar.

"Kenaikan waktu tonton hingga 100 persen untuk video terkait keuangan menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mempelajari kemampuan baru selama pandemi," ujar Randy.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas