Tribun Techno

Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak Gulirkan Program Pelatihan, Ajak UMKM Go Digital

Program ini merupakan inisiatif dari tiga perusahaan dalam membuka pintu pasar bagi para pelaku UMKM yang lebih luas.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak Gulirkan Program Pelatihan, Ajak UMKM Go Digital
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Penjual sedang menata berbagai macam produk kerajinan UMKM yang terbuat dari kulit sapi seperti sepatu, tas dan ikat pinggang di galery Occe Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur dalam sebuah pameran yang berlangsung di Java Mal Semarang, Sabtu (28/8/2021). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grab bersama Bukalapak dan PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Tbk, membuat kolaborasi dengan menggulirkan program #KotaMasaDepan yang merupakan bentuk dukungan upaya go digital untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, program ini merupakan inisiatif dari tiga perusahaan dalam membuka pintu pasar bagi para pelaku UMKM yang lebih luas.

"Kami ingin merangkul para pelaku usaha di kota-kota kecil, untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usaha mereka," kata Neneng, Jumat (15/10/2021).

Selain itu Neneng juga menyebutkan, program ini memiliki tiga prioritas utama yaitu vaksinasi terhadap para pelaku UMKM, adopsi platform digital melalui aplikasi Grab dan Bukalapak serta pemberdayaan melalui pelatihan dan pendampingan dengan teknologi digital.

Baca juga: Mulai 12 Oktober, UMKM Bisa Dagang di Mall of Indonesia, Begini Cara Daftarnya

Sementara itu menurut Direktur Utama Bukalapak Rachmat Kaimuddin, program ini akan memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM dan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Kisah Sukses iForte Digitalisasi UMKM: JALA tech di Budidaya Tambak dan Lemonto di Olahan Lemon

"Kami juga berharap dapat membantu mendukung misi pemerintah untuk mendorong percepatan teknologi dan ekonomi digital di Indonesia, melalui pelatihan untuk para pelaku UMKM," ucap Rachmat.

Baca juga: 100 Juta Orang Dewasa Indonesia Nonton Video di YouTube Setiap Bulannya,  Apa Paling Disukai?

Hal senada pun diutarakan Managing Director PT Emtek Sutanto Hartono yang menyebutkan, bahwa pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM di kota kecil tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa mereka dapat mengembangkan usaha dengan pesat.

"Sektor UMKM di luar kota metropolitan ini berpotensi menjadi kontributor bagi perekonomian digital di Indonesia yang besar dan berpotensi membuka lapangan kerja yang hilang akibat pandemi," ujar Sutanto.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas