Tribun Techno

EDGE1 Jadi Data Center di Pusat Kota Jakarta dengan Konektivitas Latensi Rendah

Fasilitas ini merupakan data center yang dibangun khusus dengan total 8 lantai termasuk 5 lantai data hall yang dapat menampung hingga 1.300 rak.

Editor: Choirul Arifin
EDGE1 Jadi Data Center di Pusat Kota Jakarta dengan Konektivitas Latensi Rendah
dok. EDGE
Gedung EDGE1 Data Center 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE), anak perusahaan PT Indointernet Tbk (Indonet)  resmi mengoperasikan fasilitas data center pertamanya EDGE1 yang dilengkapi dengan daya 6,0 MW dengan didukung konfigurasi dual power (2N).

Konfigurasi ini membuat data center ini menjadi lebih andal, memungkinkan konektivitas latensi rendah dan transfer data lebih cepat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

EDGE1 Data Center berlokasi di pusat kota Jakarta, berdekatan dengan Major Internet Exchange dan end user, dan proses transfer data yang lebih cepat.

Fasilitas ini merupakan data center yang dibangun khusus dengan total 8 lantai termasuk 5 lantai data hall yang dapat menampung hingga 1.300 rak.

Stephanus Oscar, CEO EDGE DC mengatakan, EDGE1 menjadi batu loncatan perusahaannya dalam merintis edge data center di Indonesia untuk menciptakan ekosistem yang saling terhubung dan dekat dengan end user.

Baca juga: Perusahaan Layanan SKKL Matrix NAP Info Bergabung ke Fasilitas H2 Data Center

Ke depan, pihaknya akan membangun kapasitas IT Load dari 40 MW untuk mendukung skalabilitas bagi pelanggan. 

Menurut Philbert Shih dari Structure Research, pasar colocation Jakarta diperkirakan akan mencapai USD647 juta pada tahun 2026, tumbuh pada CAGR 21,2% antara tahun 2021 dan 2026.

Baca juga: Bocor, Data Nasabah Bank Jatim Diduga Dijual Rp 3,52 miliar, Begini Pendapat Ahli Forensik Digital

Kombinasi dari ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat, percepatan adopsi cloud pada perusahaan, dan proliferasi perusahaan start-up, mendorong permintaan untuk colocation dan data center baru.

Baca juga: Waduh, Data Layanan Pengaduan KPAI Diretas, Sudah Lapor ke Bareskrim Polri dan BSSN

 
CEO Indonet, Karla Winata mengatakan, dengan semakin banyak bisnis yang beralih menggunakan teknologi dan adopsi digital yang lebih besar, menyediakan infrastruktur TI merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis kami.

"EDGE DC memberikan unique value proposition yang menggabungkan infrastruktur kelas dunia dengan lokasi strategis yang dekat dengan pusat jaringan utama Indonesia,"ujarnya.

"Dengan manfaat tambahan dari rangkaian solusi jaringan Indonet, pelanggan di EDGE DC juga dapat menggunakan interkonektivitas berkecepatan tinggi yang diperlukan bagi bisnis agar dapat berkembang dengan cepat,” imbuh Karla Winata.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas