Tribun Techno

Brand Value Naik, Samsung Electronics Nangkring di Lima Besar Interbrand Best Global Brands 2021

Di atas kinerja keuangannya yang telah pulih hingga mencapai tingkat pra-pandemi, brand value Samsung naik 20 persen tahun ini.

Editor: Choirul Arifin
Brand Value Naik, Samsung Electronics Nangkring di Lima Besar Interbrand Best Global Brands 2021
IST
Samsung Electronics Co., Ltd. kembali mengukuhkan posisinya sebagai lima besar merek terbaik di Interbrand’s Best Global Brands 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOULSamsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini kembali mengukuhkan posisinya sebagai lima besar merek terbaik di Interbrand’s Best Global Brands 2021.

Mengacu pada daftar Best Global Brands yang diumumkan oleh firma konsultan global Interbrand pada 20 Oktober waktu setempat, Samsung berada di peringkat kelima dengan brand value USD 74,6 miliar.

Brand value ini naik 20 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Di atas kinerja keuangannya yang telah pulih hingga mencapai tingkat pra-pandemi, brand value Samsung naik 20 persen tahun ini, dua kali lipat rata-rata pertumbuhan brand value dari 100 merek teratas pada tahun 2021.

Sejak memasuki peringkat lima besar untuk pertama kalinya di tahun lalu, Samsung telah mempertahankan posisinya selama dua tahun berturut-turut dengan peningkatan nilai merek terbesar sejak tahun 2013.

Baca juga: Samsung Galaxy M52 5G, Ponsel Berprosesor Kencang Snapdragon 778G dan Baterai Jumbo 

Interbrand menyatakan, faktor-faktor utama yang mendorong pertumbuhan Samsung antara lain faktor transisi Samsung ke sistem manajemen yang berfokus pada konsumen, tampak pada pembentukan tim CX (customer experience) baru yang didedikasikan untuk memprioritaskan pengalaman dan value yang dimiliki konsumen.

Baca juga: Vivo Duduki Peringkat 4 Ponsel Terlaris Dunia Berdasar Data Pengapalan Kuartal III 2021

Faktor lainnya adalah berbagai upaya untuk keberlanjutan, termasuk berbagai kampanye yang berdasar pada visi CSR-nya, ‘Together for Tomorrow! Enabling People,’ serta inisiatif di seluruh lini perusahaan yang mendukung keberlanjutan, seperti kemasan ramah lingkungan (eco-packaging) untuk TV dan program Galaxy Upcycling.

Baca juga: Realme C11 Versi 4GB+64GB Terbaru, Baterai Gede Harga Tetap Sejutaan

Faktor berikutnya adalah aktivitas peluncuran produk-produk inovatif termasuk Galaxy Z Flip3, Neo QLED TV, dan jajaran home appliances Bespoke.

Samsung juga dinilai berhasil memimpin pengembangan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), 5G, otomotif, dan robotika melalui investasi yang konsisten di industrinya.

Baca juga: Huawei Umumkan Jadwal Peluncuran Nova 9, MateBook 14s dan Watch GT 3

YH Lee, CMO, Samsung Electronics menyatakan, pencapaian kali ini merupakan lompatan terbesar Samsung dalam brand value sejak tahun 2013.

“Kami berjanji untuk memanfaatkan model manajemen kami yang berfokus pada konsumen untuk terus mendengarkan pendapat mereka. Inilah cara kami untuk membalas dukungan besar yang kami terima dari konsumen di seluruh dunia,” kata YH Lee, CMO, Samsung Electronics.

Interbrand mengevaluasi brand value perusahaan berdasarkan analisis komprehensif dari berbagai faktor termasuk kinerja keuangan, pengaruh merek terhadap pembelian, dan daya saing merek.

Di 12 Oktober 2021 lalu Samsung juga memperoleh peringkat No.1 dari Forbes sebagai World's Best Employers 2021 selama dua tahun berturut-turut. Sebagai organisasi global dengan karyawan dan bisnis di seluruh dunia, Samsung, sekali lagi, telah dipilih sebagai perusahaan nomor satu.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas