Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Apple Siapkan Fitur Pendeteksi Kecelakaan di iPhone dan Apple Watch Tahun Depan

Apple dikabarkan akan menghadirkan fitur pendeteksi kecelakaan mobil secara otomatis pada perangkat iPhone dan Apple Watch.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Apple Siapkan Fitur Pendeteksi Kecelakaan di iPhone dan Apple Watch Tahun Depan
IST
Apple Siapkan Fitur Pendeteksi Kecelakaan di iPhone dan Apple Watch Tahun Depan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Apple dikabarkan akan menghadirkan fitur pendeteksi kecelakaan mobil secara otomatis pada perangkat iPhone dan Apple Watch.

Menurut laporan MacRumors yang dikutip Senin (8/11/2021), fitur ini disebut akan hadir pada update terbaru iOS 16 yang dirilis pada pada 2022 mendatang.

Fitur ini disebut akan menggunakan sensor yang ada pada perangkat iPhone dan Apple Watch untuk mendeteksi lonjakan gravitasi yang tiba-tiba atau yang dikenal sebagai g-force.

Meski begitu, Apple belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai fitur tersebut baik itu cara kerjanya atau penggunaannya seperti apa.

Sementara itu menurut Digital Trends, Apple dikabarkan telah melakukan uji coba fitur pendeteksi kecelakaan tersebut pada 2020 dengan mengumpulkan data yang dibagikan secara anonim oleh pengguna iPhone dan Apple Watch.

Dari data tersebut, terdeteksi lebih dari 10 juta dugaan dampak kendaraan dengan 50 ribu di antaranya masuk ke panggilan layanan darurat 911.

Baca juga: Pendiri Apple Tak Terlalu Terkesan dengan iPhone 13, Disebut Biasa Saja

BERITA TERKAIT

Pendeteksi kecelakaan yang akan dihadirkan Apple disebut bukan yang pertama. Sebelumnya, Google Pixel sudah lebih dulu memiliki pendeteksi tabrakan mobil dan panggilan layanan darurat otomatis di beberapa negara.

Apabila fitur ini hadir, setidaknya dapat mengurangi potensi kecelakaan mobil karena adanya notifikasi bahaya dari perangkat iPhone atau Apple Watch milik pengemudi atau penumpang.

Dengan fitur ini, tentunya pengemudi dan penumpang dapat mengetahui apakah saat berkendara ada potensi kecelakaan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas