Tribun Techno

Password Angka dan Bismillah Jadi Kata Sandi Paling Mudah untuk Ditebak, Bisa Dibobol Dalam 1 Detik

Password yang terdiri dari angka mendominasi daftar 10 teratas. Selain "12345", ada password "123456", "123456789", "12345678", "1234567890", dan "123

Editor: Muhammad Zulfikar
Password Angka dan Bismillah Jadi Kata Sandi Paling Mudah untuk Ditebak, Bisa Dibobol Dalam 1 Detik
theregister.co.uk
Password Angka dan Bismillah Jadi Kata Sandi Paling Mudah untuk Ditebak, Bisa Dibobol Dalam 1 Detik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menghafal password atau kata sandi memang tidak mudah bagi sebagian orang, terutama yang menggunakan banyak aplikasi atau layanan.

Tidak jarang, mereka menggunakan password yang mudah diingat agar tidak kesulitan saat melakukan log in. Bahkan, terkadang satu password yang sama digunakan di banyak aplikasi.

Padahal, password yang mudah diingat juga berisiko mudah dibobol.

Nah, baru-baru ini, layanan keamanan siber NordPass merilis hasil riset terbarunya. NordPass menghimpun daftar password apa saja yang sering digunakan orang Indonesia dan seberapa cepat kata sandi itu dibobol.

Ada 200 password populer yang ada dalam daftar ini. Dari daftar tersebut, kata kunci "12345" jadi password paling banyak digunakan orang Indonesia.
Menurut data NordPass, "12345" digunakan sebanyak 548.280 kali dan hanya butuh waktu 1 detik untuk dibobol.

Password yang terdiri dari angka mendominasi daftar 10 teratas. Selain "12345", ada password "123456", "123456789", "12345678", "1234567890", dan "1234567".

Selain itu, ada beberapa kata lain seperti kata "password", "bismillah", bahkan karakter anime "Naruto" yang digunakan menjadi kata kunci oleh orang Indonesia.

Kata kunci "Bismillah" digunakan sebanyak 58.368 kali dan dapat dibobol dalam waktu kurang dari satu hari.

Sementara kata kunci "Naruto" digunakan sebanyak 12.582 kali dan dapat dibobol dalam waktu kurang dari 1 detik.

Baca juga: Sistem Password Kerap Dibobol, Apple Berencana Ganti Sistem Login dengan Face dan Touch ID

Tips bikin password yang aman

Apakah password Anda muncul di daftar tersebut? Jika iya, tidak ada salahnya membuat password baru yang lebih kuat agar tidak mudah diretas.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat password yang lebih kuat. Berikut tips membuat password yang lebih kuat berasarkan laman dukungan Google:

  1. Buatlah password yang mudah diingat, dekat dengan Anda, tapi sulit ditebak orang lain.
  2. Buatlah password seunik mungkin.
  3. Gunakan password yang berbeda di setiap layanan. Misalnya, bedakan password untuk e-mail dan online banking.
  4. Buatlah passsword yang panjang, setidaknya 12 karakter. Beberapa usulan yang bisa digunakan, misalnya ambil potongan lirik lagu favorit Anda, kutipan film atau pidato, atau buku.

    Baca juga: Dituduh Bobol Password WiFi, Pria di Bekasi Diserang Tetangganya Sendiri

  5. Jangan buat password yang gampang ditebak orang terdekat.
  6. Jangan buat password dengan informasi pribadi, misalnya nama panggilan atau insial, nama anak atau peliharaan, tanggal lahir, alamat atau nomor rumah, dan sebagainya.
  7. Jangan gunakan frasa yang mudah dan berpola, misal "password", "1234", "qwerty", atau "qazwsx".
  8. Gunakan aplikasi pengelola password untuk memudahkan log in dan tidak perlu mengingat seluruh password aplikasi dan layanan. Beberapa aplikasi password manager yang umum digunakan adalah LastPass, 1Password, NordPass, Dashlane, dan lain sebagainya.
  9. Tidak ada salahnya menulis password di atas kertas, asalkan simpan di tempat yang benar-benar aman dan hanya diketahui oleh Anda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Naruto" dan "Bismillah" Jadi Password yang Sering Dipakai di Indonesia"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas